Wednesday, August 06, 2008

Kue Kering Untuk Lebaran & Natal

Sebentar lagi perayaan hari besar Lebaran dan Natal. Bagi Anda yang bingung membuat suguhan di hari istimewa ini. Resep nastar gulung berikut bisa menjadi suguhan yang lezat. Praktis membuatnya dan menarik bentuknya. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.


Nastar Gulung

Bahan:
675 g tepung terigu protein rendah/cap kunci
525 g margarin
200 g gula halus
3 butir kuning telur
50 g tepung maizena
40 g susu bubuk
½ sdt garam halus
Isi:
200 g selai nanas
Olesan, aduk rata:
5 butir kuning telur
2 sdm susu tawar cair
1 sdm gula halus
Taburan:
100 g keju cheddar, parut

Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, ayak. Sisihkan.


2. Di tempat terpisah, kocok margarin, gula halus, kuning telur dan garam. Kocok menggunakan mixer hingga lembut (2 menit).

3. Masukan campuran terigu ke dalam adonan kocokan margarin. Aduk menggunakan spatula plasik/sendok kayu hingga tercampur rata dan terbentuk adonan yang dapat dipulung.

4. Ambil sejumput adonan bentuk menjadi bulatat-bulatan, giling hingga bentuknya tipis dan oval. Beri tengahnya dengan 1 sdt selai nanas. Gulung dan padatkan. Lakukan hingga adonan habis

5. Atur adonan yang telah dibentuk di atas loyang beroles margarin. Olesi permukaannya dengan bahan olesan dan taburi parutan keju cheddar.

7. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 150oC selama 30 menit atau hungga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Dinginkan.
Kemas kue di dalam stoples kedap udara atau di dalam kantung plastik.

Untuk ± 1600 g


Tip: Selai nanas bisa diganti dengan selai kacang/pindakas. Keju cheddar bisa diganti dengan keju edam. Tekan dan satukan pada pertemuan adonan bagian bawah agar sambungan tidak lepas saat dipanggang.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home