Monday, July 23, 2007

Dari Blog ke Koran Tribun Batam



Budi Boga di Koran Tribun Batam


Harian Tribun Batam (Kompas Group) mepunyai halaman kuliner bertitel 'Cooking'. Edisi Minggu 24 Juni 2007 mengangkat tema "Kue Kering tak Harus Menunggu Lebaran". Beragam pilihan kue kering yang praktis ekonomis disajikan lengkap dengan aneka tip anti gagal. Kebetulan edisi tersebut, budiboga yang mengisi halamannya. Selamat Membaca.
















Friday, July 20, 2007

Persiapan Resep Puasa & Lebaran: Rendang Kering


Sebentar lagi bulan puasa dan lebaran, tidak ada salahnya mulai sekarang Anda menabung resep untuk hari istimewa. Hidangan rendang kering mungkin bisa menjadi sajian sahur karena tahan lama. Anda tinggal menghangatkan ketika sahur tiba. Hidangan ini juga cocok disajikan untuk menjamu sanak saudara tercinta ketika hari kemenangan tiba.Resep/Dapur Uji: Budi Sutomo


Rendang Kering
Bahan:
1 kg daging tanpa lemak, potong 4x4 cm
2 lembar daun kunyit, simpulkan
3 lembar daun jeruk purut
2 batang daun serai, memarkan
2 cm asam kandis/gelugur
2 lt santan dari 2 butir kelapa
5 siung bawang, iris halus
Haluskan:2 cm lengkuas
3 cm kunyit
2 cm jahe
100 g cabe merah
7 butir bawang merah
4 butir bawang putih
2 sdt garam

Cara Membuat:
1. Tuang santan di dalam wajan, masukkan daun kunyit, daun jeruk, serai, asam, irisan bawang merah dan semua bumbu halus. Aduk rata.
2. Masak santan berbumbu sambil sesekali diaduk selama 20 menit. Masukkan potongan daging, masak dengan api sedang hingga santan mengering dan berminyak. Angkat. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 7 Porsi
Tip:
* jangan pernah menggunakan santan kemasan untuk membuat rendang kering, santan kemasan tidak bisa menghasilkan remah santan kering. Gunakan santan dari perasan kelapa.
* Jika memasukan daging terlalu cepat, daging biasanya akan hancur ketika santan mengering. Bias disiasati dengan menggoreng daging terlebih dahulu hingga matang kemudian daging dimasukkan ketika santan sudah mulai mengering.
* Pilih daging bagian has dalam yang empuk dan potong daging melawan serat. Memotong daging melawan serat akan menjadikan daging lebih empuk sedangkan potongan daging searah serat akan menghasilkan rendang yang liat.

Resep Soto Pekalongan



Soto Pekalongan memiliki cirikhas, yaitu menggunakan tauco sebagai bumbunya. Citarasa khas tauco memberi rasa kuah soto lebih harum dan lezat. Namun bagi Anda yang kurang menyukai aroma tauco, soto ini tetap harum, gurih dan lezat walaupun bumbu ini dihilangkan. Selamat mencoba.

Resep/Dapur Uji: Budi Sutomo

Soto Pekalongan
Bahan:
2 lt air/kaldu daging
400 g daging sapi bagian sandung lamur, potong-potong
150 g daging sapi, potong dadu
60 g babat, potong-potong
60 g paru, potong-potong
2 sdm tauco
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 sdt gula pasir
2 sdm minyak goreng
1 sdt garam
Haluskan:
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah cabe merah
5 butir kemiri
½ sdt lada butir
2 cm jahe
Pelengkap:
Soun, seduh air panas
Lontong, potong-potong
Irisan daun bawang dan seledri
Potongan jeruk nipis
Sambal cabai rawit
Cara Membuat:
1. Rebus hati, paru dan babat hingga matang. Angkat, potong-potong, sisihkan.
2. Didihkan air, masukkan potongan daging, potongan hati, babat dan paru. Masak hingga mendidih.
3. Panaskan minyak, tumis semua bumbu halus, tauco, lengkuas, daun salam, gula pasir dan garam. Tuang tumisan bumbu ke dalam rebusan daging, aduk rata, didihkan kembali hingga daging empuk. Angkat.
4. Siapkan mangkuk saji, atur soun, lontong dan irisan daun bawang-sledri. Tuang kaldu panas beserta isinya. Sajikan panas dengan dilengkapi potongan jeruk nipis dan cambal cabe rawit. Hidangkan segera.
Untuk 6 Porsi

Tip: Jangan menggunakan kaldu/air rebusan jeroan (hati, paru dan babat) untuk kuah soto. Kaldu jeroan akan menghasilkan soto beraroma amis dan terlalu kental/berminyak. Rebus terpisang aneka jeroan dan gunakan kaldu daging untuk kuahnya.

Resep Hidangan Ikan Serba Pedas


Hidangan ikan yang satu ini memang istimewa. Gurihnya daging ikan terasa lebih lezat dengan bumbu dan rempah ala Thailand. Apalagi ditambah Sambal Masak ABC, Citarasa pedas, gurih dan lezat sambal masak ABC semakin menggugah selera makan. Praktekan di rumah, pasti lauk ini akan menjadi menu favorit keluarga Anda.

Resep/Dapur Uji/Penata Saji: Budi Sutomo
Foto: Herman Laksono
Repro Foto: Budi Sutomo
Client Iklan : Sambal Masak ABC
Publikasi Media: Majalah Sartika

Anda ingin membuat iklan produk makanan:
Hubungi 021-93359157 atau 085921235496


Kakap Pedas ala Thailand
Bahan:
500 g fillet ikan kakap/potong-potong
3 buah cabe merah, potong korek api
4 sachet Sambal Masak ABC
3 sdm minyak goreng untuk menumis
1 sdm air jeruk nipis
2 lembar daun jeruk
2 batangs erai, ambil dagingnya, iris halus
1 sdm daun ketumbar cincang
½ sdt lada halus
1 sdt garam halus



Cara Membuat:
1.
Bersikan fillet ikan kakap dari kulit dan durinya, potong-potong. Bumbui dengan lada dan garam, aduk rata. Biarkan meresap selama 10 menit.
2. Panaskan minyak, goreng fillet ikan kakap hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat.
3. Panaskan tiga sendok makan minyak, tumis potongan cabai merah, serai dan Sambal Masak ABC. Masukkan potongan fillet kakap goreng dan daun jeruk, aduk sesekali agar bumbu meresap.
4. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan daun ketumbar dan air jeruk nipis, aduk rata. Angkat. Hidangkan panas.

Persiapan: 10 Menit
Proses Memasak: 20 Menit
Porsi: Untuk 4 Orang

Tip:

Ikan kakap bisa diganti jenis ikan yang lain atau seafood seperti udang, kerang dan cumi-cumi.

Resep Makanan Daerah


Hidangan daerah banyak sekali ragamnya, salah satunya adalah Daging Masak Habang (habang = merah). Lauk asal Kalimantan Selatan ini memang kaya rasa. Perpaduan bumbu dan rempah ditambah ROYCO Terasi menjadikan lauk ini semakin lezat dan istimewa.

Resep/Dapur Uji/Penata Saji: Budi Sutomo
Foto: Herman Laksono
Repro Foto: Budi Sutomo
Client Iklan : Royco Rasa Terasi
Publikasi Media: Majalah Sartika
Anda ingin membuat iklan produk makanan:
Hubungi 021-93359157 atau 085921235496


Daging Masak Habang
ala Royco Terasi
Bahan:
300 g daging sapi has dalam, potong sesuai selera
50 g kacang tolo, rebus, tiriskan
200 ml kaldu sapi/air
3 sdm minyak goreng
Bumbu:
2 sdt ROYCO Rasa Terasi
2 buah cabe merah, potong serong
3 sdm kecap manis
1 sdt air asam
2 batang serai, memarkan
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sdt garam halus
Haluskan:
5 siung bawang merah
6 buah cabe merah besar
2 cm kunyit
4 butir kemiri
1 cm jahe
1 sdt ketumbar



Cara Memasak:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. masukkan daging, masak hingga daging berubah warna.
2. Tambahkan serai, daun salam, kecap manis, air asam dan bumbu-bumbu lainnya. Aduk rata.
3. Tuang kaldu, masak sambil sesekali diaduk hingga kuah agak mengental. Tambahkan ROYCO rasa terasi, kacang tolo dan potongan cabe merah.
4. Masak hingga semua bahan matang dan kuah mengental. Angkat, sajikan panas.

Persiapan: 7 Menit
Lama Memasak: 45 Menit
Porsi: Untuk 4 Orang

Tuesday, July 03, 2007

Resep Brownies Panggang Irit Telur

Kue brownies awal terciptanya dari cake bantat dan gosong. Karena kesalahan resep dan metode memasak ini justru malah disuka. Kini brownies mengalami perkembangan, baik dari komposisi bahan maupun metode pembuatan. Selain brownis panggang, banyak juga dibuat brownies kukus. Teksturnya kue yang padat dan citarasa yang legit menjadi ciri khas brownies. Berikut resep brownies yang sudah lolos dapur uji dan pasti jadi.
Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo

Bahan:
120 g tepung terigu
200 g margarin
3 butir telur, kocok hingga mengembang
200 g dark cooking chocolate, potong-potong
150 g gula pasir halus/gula bubuk
60 g potongan kacang almond/kenari
¼ sdt garam halus
Cara Membuat:
1.
Campur tepung terigu dengan gula halus, aduk rata. sisihkan.
2. Panaskan margarine hingga meleleh. Masukkan potongan cokelat, dan garam, aduk hingga cokelat meleleh. Angkat, dinginkan hingga hangat.
3. Di tempat terpisah, kocok telur menggunakan mixer hingga mengembang. Masukkan campuran tepung terigu dan gula halus ke dalam kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula plastik hingga rata.
4. Tuang margarin, cokelat dan gula yang telah dilelehkan ke dalam adonan telur. aduk rata. Tambahkan potongan kacang almond/kenari. Aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialas dengan kertas roti dan diolesi margarin, ratakan. Taburi atasnya dengan irisan kacang almond.
5. Panggang di dalam oven bertemperatur 170 derajat celcius selama 45 menit atau hingga kue matang. Angkat. Potong-potong. atur di dalam piring saji, hidangkan.
Untuk 12 potong
Tip:
Warna kue brownies yang cokelat susah untuk mengetahui apakah kue sudah matang atau belum. Caranya dengan menusuk kue dengan lidi/kawat. Jika lidi diangkat sudah tidak ada adonan yang menempel/kering berarti kue sudah matang.

Sunday, July 01, 2007

Talkshow Diet Golongan Darah & Lomba Masak di Bandung

Serunya Lomba & Demo Masak di Bandung

Seru, meriah dan antusias, demikian kesan keseluruhan acara lomba masak dan talkshow yang digelar oleh penerbit Puspa Swara bekerjasama dengan Giant Pasteur dan toko buku Tisera Jatinangor Bandung. Berikut liputannya.

Lomba Masak
Acara berlangusung dua sesi, pertama lomba masak yang disponsori oleh Sosis Kimbo, kaldu ayam Maggi dan tentu saja Giant Supermarket. Acara lomba berlangsung sangat meriah, para peserta terlihat antusias mengikuti lomba yang berhadiah beragam bingkisan dari penyelenggara dan sponsor.


Selama lomba berlangsung bernyata banyak kejadian seru yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Tiga juri termasuk saya perwakilan puspa swara cukup terkesima dengan kepiawaian para peserta di dalam mengolah bahan menjadi sup macaroni. Ternyata walapun banyak ibu-ibu peserta yang mengaku sudah terbiasa masak namun banyak melakukan kesalahan kecil yang seharusnya tidak boleh terjadi selama lomba. Seperti terlalu gosong menumis bumbu sehingga sup menjadi pahit, memasukan sayuran semenjak kaldu belum mendidih sehingga terlalu matang, keasinan atau bahkan menyajikan sup banyak isi daripada kuahnya jadi terkesan seperti sayur bukan sup. Terlepas dari kesealahan kecil, secara keseluruhan, para peserta lomba sudah menunjukan kreasinya yang cukup memukau. Hampir semua rasanya sudah memenuhi criteria sup makaroni, porsinya sudah pas, garnisnya cantik dan teknik pengolahanya juga sudah benar. Namun yang namanya lomba pasti ada yang lebih baik. karenanya untuk yang belum menjadi pemenang, jangan berkecil hati. Terus mengasah kemampuan di dalam memasak.

Talkshow Menu Sehat & Lezat Sesuai Golongan Darah
Sesi kedua acara adalah talkshow dengan tema “menu sehat dan lezat golongan darah”. Acara ini diselenggarakan terkait dengan promosi launching 4 buku diet sesuai golongan darah yang ditulis oleh Prof.Dr.Ir. Ali Khomsan dan Yuni Harlinawati. Adapun 4 buku diet golongan darah masing-masing berjudul, Menu sehat dan lezat golongan darah A, B, O dan AB. Buku ini sangat bagus dan termasuk buku bestseller.

Di dalam masing-masing buku ini di ulas secara mendalam teori diet sesuai golongan darah, makanan yang bermanfaat, yang netral dan di larang. Kelebihan lain dari buku

ini adalah menu masakanya yang disesuaikan dengan citarasa Indonesia sehingga sesuai dengan selera lidah kita. Pemilihan bahan yang mudah didapat dan resep-resep yang praktis sehingga gampang diaplikasikan oleh siapa saja. “Ternyata konsumsi makanan tertentu bisa bermanfaat baik bagi tubuh dan bisa bersifat racun dan membahayakan kesehatan jika tidak sesuai golongan darah. Karenanya pengaturan diet sesuai golongan darah sangat baik untuk meningkatkan dan mencapai kondisi kesehatan yang optimal.” Tutur Yuni Harlinawati, penulis buku ini.

Demo Masak Menu Golongan Darah
Serangkaian acara ini diakhiri dengan demo masak aneka resep diet sesuai golongan darah. Sesi ini tentu sangat menarik bagi para ibu-ibu peserta talkshow. “ Saya penasaran pingin tau kaya apa sih
makanan dan cara mengolah menu sehat golongan darah,” tutur salah seorang peserta. “Ternyata menu diet sesuai golongan darah itu mudah dibuat, teknik pengolahanya tidak sulit dan hasilnya lezat seperti menu harian.” Tutur seorang ibu diakhir acara.
Acarapun ditutup setelah pengumuman pemenang lomba dan bagi-bagi door prize dari sponsor.