Tuesday, November 13, 2007

Snack Tradisional: Kremes Ubi


Banyak sebutan untuk kue ini, sebagian orang menyebutnya gerubi, kremes, carang ubi atau sarang balam. Apapun namanya kue yang satu ini mudah dibuat, bahannya sederhana dan rasa yang khas. Jika di dapur Anda sudah tersedia ubi jalar, minyak dan gula jawa, maka segera turun ke dapur. Buat kue ini dan sajikan untuk keluarga saat minum teh sore hari nanti. Selamat Mencoba.
Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo

Kremes Ubi

Bahan:
1 kg ubi jalar
200 g gula merah, iris halus
1.500 ml air untuk merendam
11/2 sdt garam halus
Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat:
1. Kupas dan potong ubi menggunakan pisau tipis dan tajam menjadi irisan halus. Rendam dengan larutan air garam. Tiriskan.
2. Panaskan 60 ml miyak di dalam wajan cekung anti lengket. Goring 60 g ubi hingga kuning dan hamper kering.
3. Tambahkan 1 sdm irisan gula merah, aduk hingga gula mencair dan tercampur dengan ubi. Angkat.
4. Ambil sejumput ubi goreng yang masih hangat, bentuk secara cepat menjadi bulatan-bulatan. Dinginkan hingga kue mengeras. Simpan di dalam stoples kedap udara.
Untuk 30 buah
Tip:
* Tujuan merendam ubi di dalam air garam adalah untuk hasil gorengan ubi lebih renyah dan berwarna kuning kecokelatan. Merendam di dalam air garam juga mencegah reaksi browning sehingga warna ubi menjadi kecokelatan.
*Lakukan proses pembentukan secara cepat selagi hangat. Jika sudah dingin gerubi akan mengeras dan susah dibentuk.
*Setelah dingin segera simpan di dalam wadah kedap udara agar kremes tetap renyah.
Untuk pemula disarankan membentuk kremes menjadi bulat pipih dengan bantuan sendok sayur karena prosesnya lebih mudah.

5 Comments:

At 11:38 PM, Blogger Andaliman said...

Duhh cantik banget kremesnyaa
pengen dicomott

 
At 12:14 AM, Anonymous Riana said...

mas budi, trims atas masukannya regarding piracy. Sekarang saya lagi proses nih. Udah terlalu sering para blogger ngalamin yang kayak gini..

 
At 4:09 AM, Blogger KlinikBahasa said...

Nice blog

bisa visit
http://www.myxango.com.sg/singapore/
terima kasih

 
At 10:38 AM, Anonymous Anonymous said...

Mas Budi, trims resepnya. Saya mau bikin buat acara festival memperkenalkan makanan Indonesia di Charlotte, USA.
Ada yg mau saya tanya : sy bingung waktu kasih gula merahnya??
tiap goreng ubinya sebanyak 60 gr? terus gula merahnya ikut digoreng juga?
bisa sekaligus ngga gorengnya, biar cepet..hehe..

Thx.

 
At 10:12 PM, Blogger Miharu's Blogs said...

enak bgt iiihhh,,, pengen nyobain bikin ahhh...

lirik juga buatan ku Cemilan Pedas di jamin pedasnya mantaffff....

 

Post a Comment

<< Home