Tuesday, November 13, 2007

Manfaat Teh Bunga Rosella


Rosella
Bunga Cantik Berkhasiat Obat


Belum lama berselang sempat mencoba membuat teh dari bunga rosella, rasanya berbeda dengan teh pada umumnya. Teh rosella mempunyai warna merah menyala dan rasa yang segar.

Rosella (Hibiscus sabdariffa Linn.) adalah tanaman dari keluarga sejenis kembang sepatu. Konon tanaman ini berasal Afrika dan Timur Tengah. Tanaman perdu ini bisa mencapai 3-5 meter tingginya. Jika sudah dewasa, tanaman ini akan mengelurakan bunga berwarna merah. Bagian bunga dan biji inilah bermanfaat baik untuk kesehatan.

Menurut DEP.KES.RI.No.SPP.1065/35.15/05, setiap 100 gr rosella mengandung 260-280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2. kandungan lainya adalah kalsium 486 mg, omega 3, Magnesium, beta karotin serta asam amino esensial seperti lysine dan agrinine. Bunga rosella juga kaya akan serat yang bagus untuk kesehatan saluran pencernaan.

Tanaman yang berkembang biak dengan biji ini bermanfaat baik untuk kesehatan. Stamina tubuh akan meningkat jika minum the rosella, masuk akal karena di rosella mengandung vitamin C dan mineral esensial yang cukup tinggi. Vitamin C rosella juga dipercaya mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Kalsium yang tinggi dapat mencegah keropos tulang. Sedangkan zat-zat tertentu di dalam rosella mampu meremajakan sel tubuh serta melindungi tubuh dari inveksi kuman dan virus.

Jika Anda ingin membuat the rosella, ambil sekitar 3-4 kuntum bunga rosella segar/yang sudah dikeringkan, cuci bersih dan belah dua. Seduh dengan 200 ml air panas, aduk sambil sedikit di tekan-tekan kelopak bunganya hingga air berwarna merah, saring. Tambahkan 1 sdm air jeruk nipis dan 3 sdm madu. Sajikan hangat.

Bunga rosella juga dapat dijadikan bahan baku selai, warnanya yang merah menyala, menghasilkan selai yang menyehatkan dan berwarna cantik. Anda memerlukan 250 g kuntum bunga rosella, 1 sdm tepung maizena, air 150 ml, gula pasir 150 g, air jeruk lemon/nipis 3 sdm, 1/4 sdt vanilla pasta dan ΒΌ sdt garam halus. Cara membuatnya; Blender bunga rosella dengan air dan tepung maizena hingga halus. Angkat. Tuang ke dalam panci, tambahkan gula dan air. Masak hingga mendidih, masukkan jeruk nipis, pasta vanili dan garam. Masak hingga tekstur saus mengental. Angkat. Simpan di dalam stoples kedap udara. Teks & Foto: Budi Sutomo

20 Comments:

At 9:25 PM, Anonymous Anonymous said...

bagus dech blog nya yg dibuat... tapi masih ada yang lebih bagus lagi, yaitu perkebunan wisata rosella di kota jatim. Bisa dilihat di http://rosellamerah.wordpress.com

 
At 10:45 PM, Anonymous Abdullah said...

Pak Budi,

Apa yang Anda lakukan jauh lebih bagus. Mengapa? karena Anda buat blog ini tanpa pamrih.

Kepada "Anonymous" di atas, website rosellamerah bertujuan komersial. Ditinjau dari motivasi pembuatan, maka website Pak Budi ini jauh lebih mulia. Saran saya, jadikanlah semua pihak sebagai teman dan saudara.
Masa bertamu sekali sudah menilai 'rumah' sang pemilik lebih jelek dari 'rumah' orang lain..?

Pak Budi,
Saya minta ijin kopas ya?

 
At 8:24 AM, Blogger pisces said...

Pa Budi, webnya ok, gadgetnya lengkap n rapi tapi artikel tentang Rosella-nya kok minim n ga di up-date? Klo mau artikel lain bs kunjungi www.tehrosella999.blogspot.com yach, thanks

 
At 6:29 PM, Anonymous Rudy Kurniawan said...

Mas Budi, saya mau ikut memberikan informasi kepada pengunjung blog Anda, tempat untuk mendapatkan Teh Rosella dengan harga yang relatif murah. Silahkan mengunjungi alamat http://bunga-rosella.awardspace.com/

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Terima kasih mas ...

 
At 5:09 AM, Anonymous haris said...

kami petani dari Pohsarang Semen Kediri memiliki lahan yang sangat luas di lereng gunung wilis dan tertanam bermacam jenis tanaman bunga rosela kwalitas bagus 1. Kelopak kering utuh, Harga Rp.40.000,-/kg. Melayani grosir harga NEGO. Hp:085649733777

 
At 5:37 AM, Anonymous julie prawira said...

Banyak juga yaa manfaatnya, saya pernah coba rasanya seger gitu cuma waktu itu saya belom tau khasiatnya apa...

 
At 11:42 PM, Anonymous Anonymous said...

Hati-hati bila pembelian rosella di Haris - Pohsarang kediri, saya pernah membeli di beliau... tapi diberikan rosella yang berkwalitas sangat jauh dari perkiraan, sudah berjamur, kecil-kecil dan jk diseduh warnanya coklat pada air seduhannya. Hati-hati bila membeli di Haris-pohsarang dgn Notelp 085649733777

 
At 12:19 AM, Anonymous Anonymous said...

hahaha .. orang yang bikin blog untuk manfaat kita semua kok malah didomplengi juwalan .. ngawur ah. ngotor-ngotorin rumah orang aja ..

 
At 11:03 PM, Anonymous Anonymous said...

ko bisanya comment jelek orang2 siy??????
lo sendiri yg bikin rumah orang jd kotor krn otak lo yg kotor...

 
At 11:03 PM, Anonymous Anonymous said...

ko bisanya comment jelek orang2 siy??????
lo sendiri yg bikin rumah orang jd kotor krn otak lo yg kotor...

 
At 11:03 PM, Anonymous Anonymous said...

ko bisanya comment jelek orang2 siy??????
lo sendiri yg bikin rumah orang jd kotor krn otak lo yg kotor...

 
At 10:16 AM, Anonymous Anonymous said...

saya ada stok rosella ungu..bagi yang berminat silahkan hub.ari setyawan 085646433499

 
At 11:33 PM, Anonymous riez said...

ka budi aq ries, ge sibuk me karya ilmiah ttg khasiat teh rosella u/ pengidap asam urat kasih muatan pantangan bwt penderita asem urat dung!!!

 
At 7:36 PM, Anonymous Anonymous said...

Mas, mau nanya nih...
Klo rosella bisa dibuat nata de coco gak ya?
Klo misalnya bisa, gimana caranya?
Klo tidak merepotkan, bisa tidak ya di e-mail ke alamat mielancholics@yahoo.com
Makasih sebelumnya.

 
At 12:03 AM, Blogger cbmcare said...

Terima kasih atas informasinya.
http://www.cbmcare.com

 
At 2:07 AM, Blogger raden zone said...

minta ijin copy pak...


trimz...

 
At 3:28 AM, Anonymous Anonymous said...

teh rosela..enak...papa sy pernah minum..dan menurut dia emang enak dan bikin sehat,krn papa sy darah tinggi..sering pusing dan setelah rutin minun..kondisi darahnya jd stabil

 
At 7:34 PM, Anonymous Anonymous said...

silahkan kunjungi blog saya, semua tentang tanaman ada di http://kebun-tanaman.blogspot.com/

 
At 5:05 AM, Anonymous Anonymous said...

kami siap suplay rosela kering merah dan ungu dalam jumlah besar maupun kecil
hub. 085741364694

 
At 4:24 AM, Anonymous prima said...

terima kasih sudah berbagi informasi

 

Post a Comment

<< Home