Friday, July 20, 2007

Persiapan Resep Puasa & Lebaran: Rendang Kering


Sebentar lagi bulan puasa dan lebaran, tidak ada salahnya mulai sekarang Anda menabung resep untuk hari istimewa. Hidangan rendang kering mungkin bisa menjadi sajian sahur karena tahan lama. Anda tinggal menghangatkan ketika sahur tiba. Hidangan ini juga cocok disajikan untuk menjamu sanak saudara tercinta ketika hari kemenangan tiba.Resep/Dapur Uji: Budi Sutomo


Rendang Kering
Bahan:
1 kg daging tanpa lemak, potong 4x4 cm
2 lembar daun kunyit, simpulkan
3 lembar daun jeruk purut
2 batang daun serai, memarkan
2 cm asam kandis/gelugur
2 lt santan dari 2 butir kelapa
5 siung bawang, iris halus
Haluskan:2 cm lengkuas
3 cm kunyit
2 cm jahe
100 g cabe merah
7 butir bawang merah
4 butir bawang putih
2 sdt garam

Cara Membuat:
1. Tuang santan di dalam wajan, masukkan daun kunyit, daun jeruk, serai, asam, irisan bawang merah dan semua bumbu halus. Aduk rata.
2. Masak santan berbumbu sambil sesekali diaduk selama 20 menit. Masukkan potongan daging, masak dengan api sedang hingga santan mengering dan berminyak. Angkat. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 7 Porsi
Tip:
* jangan pernah menggunakan santan kemasan untuk membuat rendang kering, santan kemasan tidak bisa menghasilkan remah santan kering. Gunakan santan dari perasan kelapa.
* Jika memasukan daging terlalu cepat, daging biasanya akan hancur ketika santan mengering. Bias disiasati dengan menggoreng daging terlebih dahulu hingga matang kemudian daging dimasukkan ketika santan sudah mulai mengering.
* Pilih daging bagian has dalam yang empuk dan potong daging melawan serat. Memotong daging melawan serat akan menjadikan daging lebih empuk sedangkan potongan daging searah serat akan menghasilkan rendang yang liat.