MAKANAN UNTUK BALITA



RESENSI

BUKU
TERBARU

Judul:

MAKANAN BALITA
Praktis, Sehat & Lezat

Penulis:
Budi Sutomo
Dr. Dwi Yanti Anggraini

Penerbit:
PT. Primamedia Pustaka

Harga:

Rp: 32.000

Pemesanan:
Unit Layanan Jual. Gedung Gramedia majalah unit 1 lantai 2. Jl. Panjang no 8 A. Kebon Jeruk. Jakarta. 11530- telpon 021- 5306263. SMS-0811908680. E-mail: ulj@gramedia-majalah.com

Resensi:

Usia balita merupakan masa peralihan makanan dari makanan pendamping ASI ke makanan orang dewasa. Namun, pemberiannya juga masih bertahap disesuaikan dengan kemampuan sistem pencernaan anak dan kebutuhan gizinya. Di usia ini, saatnya Anda memperkenalkan ragam makanan. Namun, ingat pilih yang sehat dan alami karena akan menentukan pola makan anak selanjutnya.

Sesuai dengan kemampuan pencernaan dan kebutuhan gizi, balita dipilah menjadi dua, yaitu batita (1—3 tahun) dan prasekolah (4—5 tahun). Batita merupakan konsumen pasif, artinya dia masih menerima saja makanan yang diberikan orang tuanya. Berikan makan dalam porsi kecil dengan frekuensi sering (7—8 kali) sehari, terdiri atas tiga kali makan pagi, siang, dan sore, 2—3 kali makan selingan, dan 3—4 kali minum susu.Masing-masing usia ini memerlukan makanan yang berbeda sesuai tahap perkembangan saluran pencernaannya dan kebutuhan gizinya.

Berbeda dengan batita, anak prasekolah adalah konsumen aktif sehingga dia sudah bisa menentukan makanannya sendiri. Aktivitasnya juga lebih tinggi sehingga kebutuhan energinya lebih banyak daripada batita. Oleh karena itu, porsi makan diperbesar daripada batita dengan frekuensi diturunkan menjadi 5—6 kali sehari, terdiri atas 3 kali makan pagi, siang, dan sore dan 2 kali makan selingan. Susu 2 kali sehari (pagi dan malam hari) atau dicampurkan pada makanan.



Mengingat rentanya usia balita, maka penulis menyusun buku ini, harapanya, buku ini bisa menjadi panduan para ibu untuk menyusun menu bagi si buah hati. Selain puluhan resep yang disertai kandungan gizi, di dalam buku ini juga mengulas secara tuntas;

1. Pola makan balita berdasarkan kecukupan gizi yang dianjurkan
2. Angka kecukupan gizi balita yang dianjurkan
3. Sumber bahan pangan yang baik untuk balita, mulai dari protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan lemak. Dibahas satu persatu beserta cara menyapkanya.
4. Tip & trik mengatasi masalah makan pada anak
5. Merngatasi balita susah makan
6. Makanan selingan
7. Mengatasi balita susah minum susu
8. Cara mengatasi obesitas pada anak
9. Serta cara menanamkan kebiasaan makan yang baik pada anak

Buku yang layak dimiliki bagi para ibu, agar buah hati Anda tumbuh dan berkembang secara maksimal dengan makanan yang sehat dan alami.

Komentar

  1. Anonim4:51 PM

    alhamdulillah, akhirnya saya nemuin referensi buku untuk menu makan anak saya...trims pak budi atas info nya.
    tar malem lgs nyari ke gramed ah hihi...

    BalasHapus
  2. Anonim12:11 PM

    bisa utk dikirim ke luar negri?

    BalasHapus
  3. Anonim11:30 PM

    cara pesennya gmn?

    BalasHapus

Posting Komentar

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

MENGENAL ANEKA RAGAM BUMBU MASAKAN EROPA - BUMBU MASAKAN KONTINENTAL

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf