Tuesday, April 17, 2007

Resep Kue Tradisional Gandasturi


Kacang hijau ternyata tidak cuma diolah sebagai bubur kacang hijau atau kumbu kacang hijau saja. Dengan sedikit variasi, kue lezat bisa diciptakan dengan bahan dasar kacang ini. Gandasturi, salah satu variasi kue dari kacang hijau yang lezat, cepat membuatnya dan tidak memerlukan peralatan yang rumit. Selamat mencoba.

Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo

GANDASTURI


Bahan:
200 g kacang hijau, rendam air 2 jam.
40 g tepung terigu
100 g gula pasir
¼ sdt vanili bubuk
½ sdt garam halus
minyak untuk menggoreng
Adonan Celupan, aduk rata, saring:
50 g tepung beras
50 g tepung terigu
1 butir telur, kocok lepa
350 ml air

Cara Membuat:
1.
Rebus kacang hijau hingga empuk, angkat, tiriskan. Haluskan kacang hijau hingga lembut. Sisihkan.
2. Campur kacang hijau dengan tepung terigu, gula pasir, garam dan vanili. Aduk rata.
3. Ambil dua sendok makan adonan, bentuk menjadi bulat pipih. Lakukan hingga adonan habis.
4. Celupkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam adonan celupan. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Hidangkan hangat.
Untuk 10 buah


Tip:
Untuk variasi rasa, kacang hijau bisa diganti dengan kacang merah dengan komposisi resep sama takarannya.

4 Comments:

At 8:13 PM, Blogger Ina said...

duh jadi keinget masa kecil nih, dan baru ngeh daj lama banget gak maan kue ini, bisanya ibu suka bawain pas blio pulang dari pasar paginya...

TQ ya mas, kalau lagi ada mood, insyaAllah bikin...ata mau ngirimin ke aku...? he he he

 
At 7:24 PM, Blogger Fitta Arsista said...

kangen bgt sama gandasturi..kemarin hubby minta dibuatin..bingung sendiri..aku coba ya mas resepnya..

 
At 10:11 PM, Anonymous dija said...

itu kacang ijonya 1200 gr salah ketik ya. 200gr kali. gak banding sama bahan2 lain :D lam kenal.

 
At 5:40 PM, Anonymous Anonymous said...

Kalo di tambahkan santan gimana mas direbusan kacang ijo'y mgkn makin mantabbbbb kali yah....

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home