Mengenal Lebih Dekat Bumbu Dapur


RAHASIA PEKAK
DALAM HIDANGAN

Anda pasti bertanya-tanya kenapa ya kecap aromanya wangi dan segar, atau sapo tahu ko harum dan mengundang selera. Salah satu bumbu yang andil memberikan aroma tersebut adalah pekak atau bunga lawang yang memiliki aroma wangi yang khas.

Dalam seni kulinr Indonesia, pekak memang kurang populer dibandingkan lada, pala atau cengkih. Namun jika kita menengok ke kuliner asia, terutama Cina, Thailand, Vietnam dan Jepang, bumbu ini banyak digunakan.Di dalam masakan, pekak memberi aroma harum/wangi yang khas. Pengunaanya bisa dimasukkan langsung dalam bentuk utuh atau dihaluskan/serbuk. Masakan seperti bebek panggang ala peking, sapo, sup buntut, kari, tumis daging atau hidangan panggang akan lebih sedap dengan menambahkan bumbu ini. Pekak juga menjadi campuran bumbu khas cina, yaitu bumbu ngo-hiang: Penggunaanya dicampur dan dihaluskan dengan adas, cengkih, kayu manis dan lada szechuan.

Pekak mempunyai nama latin Illicium verum. Di beberapa negara dan daerah, pekak memiliki nama yang berbeda. Orang keturunan Tionghoa di Jawa menyebutnya pekak, orang Bali memanggilnya dengan sebutan bunga lawang. Sedangkan Negara Eropa menyebutnya star anise karena bentuknya menyerupai bintang, di Italia disebut anice stellato dan masarakat Jerman memanggilnya Sternanis.Budi Sutomo.

Komentar

  1. Apa pekak itu yang bisa menghilangkan bau amis pada masakan bebek? Trims

    BalasHapus

Posting Komentar

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA RAGAM BUMBU MASAKAN EROPA - BUMBU MASAKAN KONTINENTAL

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf