Wednesday, April 18, 2007

LIKOPEN SEMANGKA, TINGKATKAN LIBIDO SESEKSUAL




SEMANGKA
Cegah Kanker dan Turunkan Hiprtensi



Teks/Foto: Budi Sutomo

Semangka (Citrullus vulgaris) adalah buah dari tanaman merambat. Varietasnya ada beberapa jenis, seperti yang berwarna merah maupun kuning. Keduanya kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di setiap 100 g semangka mengandung energi 32 kkal, protein 0.5 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 7.0 g, kalsium 7 mg, fosfor 12 mg, besi 0.2 mg, retinol 177 mcg, thiamine 0.05 dan asam askorbat 6 mg.

Buah semangka sangat banyak manfaatnya, diantaranya baik untuk pengidap hipertensi. Hal ini karena kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bermanfaat untuk menetralisasi tekanan darah. Selain itu, semangka juga mempergiat kerja jantung. Sementara antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat dan mencegah timbulnya penyakit kanker.

Semangka juga mengandung likopen. Likopen ini adalah salah satu komponen karotenoid seperti halnya betakaroten yang berguna sebagai antioksidan penyebab penuaan dini dan kanker. Likopen juga berguna untuk membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar dan lebih muda. Bagi lansia, semangka tidak hanya membantu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat. Bagi para pria, likopen di dalam semangka dapat meningkatkan kesuburan dan meningkatkan gairah seksual pria.

2 Comments:

At 9:03 PM, Blogger Hztea said...

Waaahh.., ternyata banyak bgt ya manfaat buah semangka.^_^ terutama untuk kecantikan.. thanks buat infonya.

 
At 7:30 PM, Blogger istanti said...

asyik ya semangka udah buahnya rasanya seger banyak manfaatnya juga buat tubuh kita

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home