Tuesday, September 19, 2006

Resep Aneka Kue Tradisional Populer























BUKU TERBARU DARI BUDI BOGA

Kreasi Populer
KUE TRADISIONAL

Pengarang: Budi Sutomo
Foto: Herman Laksono
Penerbit: PT Primamedia Pustaka (Gramedia Group)
Harga: Rp.30.000
Pemesanan: Jl. Panjang No 8A. Kebon Jeruk-Jakarta 11530
Sinopsis:
Walaupun banyak bakery bermunculan dengan aneka cake, roti dan kue moderen, kue tradisional atau jajan pasar tetap eksis. Cita rasanya yang khas menjadikan kue tradisional tetap disuka. Apalagi jika kuenya masih hangat dan bikinan sendiri, hmm...

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue tradisional sendiri, kini telah beredar sebuah buku masak yang berisikan beragam kue tradisional. Mulai dari klepon, pukis, kue cucur, kue ku, talam, bika ambon, kue mangkok, serabi, dodol dll. Resep ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Semua resep adalah hasil uji coba tim dapur uji sehingga dapat dipertanggung jawabkan keakuratannya. Bagi para pemula, di dalam buku ini juga dibekali pengetahuan dasar tentang memilih bahan untuk kue tradisional, mengenal cetakan, teknik pembuatan dan tip anti gagal di setiap resepnya.

RESEP HIDANGAN FAVORIT DARI TELUR (buku terbaru dari budi boga)




















HIDANGAN FAVORIT TELUR

Penulis: Budi Sutomo

Fotogerafer: Dede Cazarez
Penerbit: PT Puspa Swara. Jl. Mekarsari Raya Mo 15. Cimanggis-Depok
021- 8729060. Fax: 021-8712219
Alamat Pemesanan: Jl. Gunung Sahari III/7. Tel: 021-4204402. fax: 021-4214821
Sinopsis:
Telur merupakan sumber protein hewani yang murah dan mudah didapat. Di tilik dari zat gizinya, telur juga kaya akan protein, vitamin dan mineral penting. Teksturnya yang lembut menjadikan telur mudah dicerna bagi anak-anak maupun lansia.

Kini telah beredar sebuah buku Hidangan Favorit Telur. Di dalam buku ini Anda akan menjumpai tiga puluh resep olahan telur. Baik yang bercita rasa Indonesia seperti gulai telur, opor telur, telur pindang, telur rendang dll. Cita rasa Eropa dan Asia seperti Fritata, Scotch Egg maupun Omelette, juga ada di dalam buku ini. Tidak cuma resep dengan ilustrasi foto yang artistik. Anda juga dibekali pengetahuan tentang memilih telur, mengolah dan berbagai tip bermanfaat lainnya.

Semua resep di dalam buku ini sudah melalui uji coba berulang sehingga cita rasanya telah teruji keakuratannya. Resep ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Singkatnya, Anda akan tidak akan kebingungan lagi mengolah telur sebagai variasi menu harian keluarga Anda.

Zucchini, Courgette atau Cukini ?!

LEBIH DEKAT DENGAN CUKINI

Sayuran pendatang baru yang kaya vitamin, mineral dan serat. Lezat diolah sebagai tumisan, salad atau campuran sup.

Sepintas penampilan cukini (Curcubita pepo) mirip mentimun, padahal sayuran yang dikenal dengan sebutan zucchini atau courgette ini masih tergolong keluarga labu. Warnanya hijau dan berubah Kekuningan jika sudah tua.

Rasa cukini netral dan bisa diolah menjadi beragam masakan, seperti ditumis, buat isi sup, campuran hidangan panggang, dibuat asinan/pickle, campuran acar atau untuk salad. Di Prancis dan Italia cukini sangat popular dan merupakan sayuran bangsawan zaman dulu. Salah satu hidangan terkenal cukini dari Prancis adalah ratatouille, yaitu setup atau tumisan cukini dengan terong, paprika, tomat dan rempah-rempah.


Ditilik dari kandungan nutrisinya, cukini juga kaya akan vitamin, serat dan beragam mineral penting. Di dalam 100 g cukini mengandung serat 1.6 g, protein 0.9 g, lemak 0.3 g, karbohidrat 4.3 g dan kalori 20 kal. Sangat cocok bagi Anda yang sedang ,menjalani diet rendah kalori dan lemak. Serat dalam cukini juga terbukti mampu mengikat zat karsinogen penyebab kanker di dalam tubuh.

Mengolah cukini sangat gampang, pilih yang muda, cuci bersih. Sebaiknya ngga usah dikupas, potong sesuai kebutuhan resep dan cukini siap digunakan. Untuk campuran salad tidak perlu di masak terlebih dahulu. Di Indonesia sayuran ini tergolong sayuran pendatang baru. Bisa dijumpai di supermarket terkemuka dengan harga sekitar 12 ribu per kilonya. Budi Sutomo


Monday, September 18, 2006

Fakta Baru Buah Kiwi, Cegah Impotensi dan Serangan Jantung

Cegah Impotensi
Dengan Si Seksi Kiwi

Sepintas buah kiwi (Actinidia deliciosa) mirip buah sawo. Warna kulitnya kecoklatan dengan bulu-bulu halus di seluruh permukaan. Daging buahnya hijau dengan biji-biji halus di bagian tengahnya. Rasanya manis, asam segar, sangat cocok dihidangkan sebagai buah meja atau dibuat jus.


Berdasarkah hasil penelitian ilmiah, buah impor ini terbukti berkhasiat untuk kesehatan. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Dr. Paul La Chence yang dipublikasikan oleh Journal of the American College of Nutrition. Hasil penelitianya menujukan bahwa kiwi merupakan buah yang kepadatan nutrisinya paling tinggi dibandingkan buah-buahan lain. Ini menunjukan bahwa kiwi mengandung kepadatan nutrisi terbaik dibandingkan buah lainnya.

Di dalam kiwi terkandung asam amino arginin dan glutamate. Arginin bersifat vasodilator atau penurun tekanan darah dan membantu meningkatkan aliran darah. Asam amino ini juga terbukti mampu mengobati gejala impotensi ringan.

Kandungan mineral esensisal dalam kiwi juga sangat banyak. Seperti kalium, kalsium, magnesium, seng, tembaga, mangan dan fosfor. Mineral kalium dalam kiwi bisa mencapai 5.4 mg/kalori. Kalium berfungsi menjaga fungsi gerak reflek sistem saraf dan menjaga fungsi otot. Mineral ini juga berperan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Sedangkan mineral magnesium dalam kiwi mampu mencegah serangan jantung dan hipertensi.

Vitamin dalam kiwi juga sangat beragam. Kandungan vitamin C di dalam kiwi jumlahnya 17 kali lipat lebih banyak dibandingkan apel. Kiwi juga mengandung vitamin E, B1, B2, B6 dan vitamin A. Peran vitamin C dan E dalam kiwi berfungsi sebagai antioksidan, zat penangkal radikal bebas penyebab penuaan dini dan pencegah sel kanker. Tingginya kandungan vitamin C dalam kiwi menjadikan buah ini dapat mempertahankan trubuh dari serangan flu dan stress. Budi Sutomo





Wednesday, September 13, 2006

Resep Hidangan Ayam Favorit

BUKU BARUKU





















Judul Buku:
Hidangan Fovorit Ayam
Penerbit: PT Puspa Swara
Pengarang: Budi Sutomo
Harga: Sekitar Rp. 28.000
Pemesanan: Wisma Hijau. Jl. Mekarsari Raya No 15. Cimanggis-Depok
Phone: 021 8729060. Fax: 021.8712219.

E-Mail: Info@puspaswara.com
Website: www.puspaswara.com
Sinopsis:

Banyak para ibu suka bingung mengolah daging ayam. Padahal sumber protein hewani yang satu ini relatif murah juga mudah didapat. Sangat Potensial sebagai alternatif lain sumber protein.

Lewat buku ini, Anda dijamin tidak pusing lagi mengolah daging ayam sebagai hidangan favorit keluarga. Sebanyak tiga puluh resep variasi olahan ayam tersaji dengan beragam pilihan rasa. Mau citarasa Indonesia seperti Ayam Kalasan, Sate Madura dan Kari Ayam. Olahan ayam ala Eropa, seperti Ayam Goreng Kentucky, Chicken Steak dan Chicken Nugget, atau Kelezatan ayam dalam bumbu Asia, seperti Ayam Hainan atau Yakitori.

Resep ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Semua sudah diuji coba oleh tim kuliner sehingga teruji keakuratannya. Selain pengetahuan resep dengan hasil foto yang mengiurkan. Buku ini juga mengulas tentang memilih daging ayam, menyimpan dan teknik pengolahan. Tentu sangat diperlukan sebagai bekal Anda sebelum turun ke dapur.


Resep Ice Cream Buah Untuk Wirausaha Boga

Sensasi lembut, manis dan dingin yang menggoda menjadikan ice cream disuka semua kalangan. Jika Anda ice cream mania, tidak ada salahnya mencoba membuat sendiri, boroskan kalau harus selalu beli? Nah resep ice cream berikut adalah ice cream dengan rasa buah yang ringan dan menyehatkan. Resep juga dibuat dengan bahan yang mudah didapat dan murah, memungkinkan bagi Anda yang ingin berwira usaha boga. Selamat Mencoba!
Resep: Budi Sutomo
Ice Cream Melon
Bahan:
200 gr daging buah melon, blender hingga lembut
600 ml susu tawar cair/ susu segar
60 ml krim kental/double cream
200 g gula pasir
3 sdm susu kental manis
1 sdm tepung maizena
1 sdt esen melon/essen jeruk
1/4 sdt garam halus


Cara Membuat:

1. Larutkan tepung maizena, gula pasir dengan susu tawar cair, aduk rata. Rebus sambil terus diaduk hingga mengental hingga mendidih. Angkat, dinginkan.
2. Masukkan melon yang sudah diblender, krim kental, susu kental manis, esen melon dan garam. Aduk rata.
3. Masukkan campuran adonan ke dalam mangkuk/baskom. Masukkan dalam freezer selama satu malam. Keluarkan dari dari freezer, keruk-keruk dengan sendok dan mixer hingga lembut. masukkan kembali dalam Freezer. Lakukan 3 hingga 4 kali pengocokan.

4. Penyajian: Siapkan gelas saji, keruk ice cream dengan sendok ice cream (lihat gambar). Agar lebih cantik, siram dengan sirup melon dan potongan buah melon atau jeruk sebagai pelengkap. Sajikan segera.
Untuk 10 Porsi

Tip: Agar tahan disimpan lama, ganti melon segar dengan sirup melon sebanyak 100 ml.

Friday, September 08, 2006

Mengenal Aneka Jenis Kacang Lokal dan Impor

ALL ABOUT NUTS
Tinggi Serat Kaya Protein
Penulis: Budi Sutomo

Hampir semua orang suka kacang-kacangan, cita rasanya yang gurih menjadikan kacang cocok dijadikan cemilan atau dioleh menjadi beragam masakan. Dilihat dari komposisi zat gizinya, kacang juga kaya kalsium, lemak, beragam vitamin dan mineral penting lainnya.

Saat ini beragam jenis kacang-kacangan beredar dipasaran, mulai dari produk lokal hingga impor. Jenisnya pun beragam dari yang mentah hingga olahan. Anda bingung memilih dan menggunakan jenis kacang? Simak ulasan berikut.

Almond (Prunus amygdalus)
Salah satu jenis kacang yang banyak digunakan dalam hidangan. Mulai dari mengentalkan
soup campuran kue kering hingga taburan cake. Varietas almond ada dua, sweet almond untuk masakan dan bitter almond yang biasa diekstrak minyaknya. Di dalam almond banyak mengandung arginine, sejenis asam amino yang dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung.






Walnut (Juglans regia)
Kacang ini berasal dari India, tampilan luarnya mempunyai kulit luar yang sangat
keras. Jika dikupas, bijinya berkerut dengan warna kecokelatan. Banyak digunakan sebagai campuran aneka dessert, cake, muffin atau digoreng sebagai snack. Walnut kaya akan lemak tak jenuh dan omega-3 yang baik untuk kesehatan.






Pine Nuts (Pinus pinea)
Kacang ini banyak tumbuh di daerah Mediterranean terutama Italia. Bentuknya oval
kekuningan. Orang biasanya menggunakannya untuk taburan salad, saus pesto, atau isi cake. Simpan di tempat yang rapat karena kacang ini tinggi lemak dan cepat menjadi tengik.








Hazelnut (Corylus colurna)
Kacang asal daerah Asia Minor ini banyak digunakan sebagai isi cokelat, campuran cake
kue kering atau roti bakar. Hazelnut juga dijual utuh dalam kemasan kaleng sebagai snack. Kacang ini merupakan sumber vitamin E dan mengandung folic acid.








Pistachio (Pistacia vera)
Warnanya hijau cerah sehingga sangat cantik untuk hiasan makanan. Selain dimakan
sebagai snack, kacang ini juga sering digunakan sebagai isi pie, cookies, ice cream atau cake. Sepertihalnya almond, pistachio juga kaya akan protein dan potassium.







Chestnuts (Castanea sativa)
Kulit luarnya keras dengan warna cokelat tua. Orang banyak menggunakan chestnut untuk
campuran cake dan pastry. Soup dan saus salad juga menjadi lebih creamy jika ditambahkan kacang ini. chestnut kaya akan kandungan lemak tak jenuh dan sumber protein nabati yang baik.








Macadamia (Macadamia integrifolia)
Kacang asal Australia ini mempunyai bentuk bulat dengan warna kekuningan. Kacang ini
rasanya gurih dan agak manis, dipasaran biasanya dijual dalam kemasan kaleng siap santap. Kacang ini kaya akan kandungan lemak nabati, protein dan mineral.







Kenari (Canarium commune L)

Kacang ini berasal dari Indonesia, terutama daerah Maluku. Kenari dijual dalam
keadaan tanpa kulit, dikupas dan sudah diiris-iris. Selain dimakan sebagai snack, kenari cocok untuk campuran kue kering, cake maupun kue-kue yang lain. Seperti halnya kacang-kacangan, kenari kaya akan lemak nabati, protein, vitamin dan mineral.

Wednesday, September 06, 2006

Manfaat buah duku, dari diare hingga kanker

Duku
Buah Segar Menyehatkan

Penulis: Budi Sutomo

Buah duku ( Lansium Domesticum Corr) berasal dari tanaman berkayu yang hidup menahun. Pohonnya diperkirakan asli dari Indonesia. Literatur lain mengatakan duku berasal dari Asia Tenggara bagian barat, dari semenanjung Thailand di sebelah barat sampai Kalimantan di sebelah timur. Kini buah duku hampir tersebar luas diseluruh wilayah Asia dan menjadi salah satu primadona buah tropis.
Di Indonesia, sentra buah duku tersebar luas di wilayah Sumatra dan Jawa. Jenis yang banyak dibudidayakan adalah varietas Komering, Metesih, Condet dan Kalikajar. Buah duku dapat tumbuh subur di daerah beriklim basah dengan curah hujan tinggi. Tanaman ini termasuk jenis pohon buah musiman yang hanya berbuah setahun sekali. Biasanya bunga akan bermunculan di awal musim hujan (September-Oktober). Enam bulan kemudian buah terlihat bergelantungan di ranting dahan dan siap dipanen pada bulan Februari-Maret.

Buah duku mentah berwarna hijau, bergetah dan citarasanya sangat asam. Seiring matangnya buah, kulit akan berubah kekuningan dan daging buah akan berasa manis. Sebagian besar buah duku hanya dimakan segar sebagai buah meja. Padahal kalau kita mau sedikit berkreasi, duku dapat dijadikan beragam sajian lezat dan nikmat, seperti untuk isi puding, campuran fruits cocktail atau sebagai bahan baku selai.

Dari Selai Hingga Puding Cantik
Untuk selai, siapkan 1500 gr daging buah duku yang sudah diblender halus, 600 gr gula pasir, 100 ml air, 5 gr gelatin, 30 ml air jeruk lemon dan ½ sdt vanila essens. Semua bahan dicampur jadi satu, panaskan hingga tekstur mengental dan warna kekuningan. Selagi panas simpan di dalam botol kaca, tutup rapat, kini Anda mempunyai selai duku yang lezat dan siap digunakan kapan saja.
Variasi lain yang dapat dibuat adalah puding buah. Caranya buah duku dapat diblender kemudian dicampur dengan adonan agar-agar atau dibiarkan utuh untuk isi puding. Teksturnya kenyal dengan citarasa manis, segar dan sedikit asam menjadikan puding terasa lebih istimewa dan cantik tampilanya.

Sumber Mineral dan Zat Besi
Dilihat dari komposisi zat gizinya, buah duku tidak terlalu mengcewakan. Setiap 100 gr buah duku terkandung kalori 70 kal, protein 1.0 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 13 g, mineral 0.7 g, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0.9 mg. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis. Kandungan lain yang bermanfaat adalah dietary fiber atau serat. Salah satu zat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

Selain daging buah yang segar menyehatkan, bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam. Kulit kayunya juga sering digunakan orang untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan obat disentri. Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat menghambat dan membasmi sel-sel kanker. Sungguh tanaman yang istimewa bukan?.

Monday, September 04, 2006

Resep Puding Mocca

SELAIN PRAKTIS DAN MUDAH, PUDING INI BERCITARASA LEMBUT DAN SEGAR, COCOK DISAJIKAN SEBAGAI HIDANGAN PENUTUP.

Resep/Dapur Uji/ Food Stylist: Budi Sutomo

MOCCA PUDDING


Bahan:

7 gr bubuk agar-agar warna putih
500 ml susu tawar cair
20 gr tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
150 ml air
60 ml sirup moka
100 gr gula pasir
100 gr jeruk mandarin kalengan

Cara Membuat:

1. Campur bubuk agar-agar dengan susu tawar cair dan gula. Aduk hingga bubuk agar-agar dan gula larut.

3. Rebus adonan agar-agar hingga mendih. Tambahkan larutan maizena. Masak kembali hingga mendidih dan tekstur adonan agak mengental. Angkat.

4. Ambil sepertiga adonan, tambahkan dengan 2 sdm sirup moka. aduk rata. (adonan A).

5.
Tuang sisa sirup moka ke dalam sisa adonan, aduk rata. (adonan B.)


6. Tuang adona A ke dalam cetakkan pudding yang sudah dibasahi air matang dan diisi potongan jeruk mandarin. Dinginkan hingga mengeras.

7. Tuang adonan B hingga cetakkan puding penuh. dinginkan kembali hingga membeku.

8. Setelah mengeras, keluarkan dari cettakan. Hidangkan dingin.
Untuk 5 Porsi

Nutrisi/Porsi:
Protein: 3.8 gr
Karbohidrat: 31.1 gr
Lemak: 3.5 gr
Energi: 172 kkal

Andakah Pemenang Buku MAsakan Gratis?!


ANDAKAH PEMENANGNYA ?

Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI ke 61, pada tanggal 24 Juli yang lalu Blog Gizi dan Kuliner by Budi mengadakan angket berhadiah buku masakan.


Hingga akhir bulan Agustus 2006, total komentar, kritik dan saran yang masuk ada 35. Wah sangat membanggakan sekali, berarti ada teman mau membaca blog saya. Terimakasih sekali atas partisipasinya, kritik dan saran Anda sangat berharga dan akan menjadi masukan untuk perbaikan blog saya.

Seperti yang saya janjikan, kenang-kenangan dari bagi para penggunjung yang telah berkomentar akan mendapatkan 5 buah buku dan dibagi untuk 5 pemenang. Pemenang adalah hasil undian, jadi maaf jika Anda belum mendapatkan kesempatan mendapatkan buku. Namun saya janji, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan ada angket berbeda dengan hadiah buku-buku terbaru dari saya. Sekali lagi terimakasih atas waktu dan partisipasinya
Salam…

Budi Sutomo

PEMENANG
1. MAMI STELLA
2. NONON
3. EVITA
4. DONATNETH
5. SALLIKA

Notes: Untuk memudahkan pengiriman mohon nama dan alamat lengkap para pemenang dikirim ulang ke E-mail saya : budis1975@yahoo.com

Friday, September 01, 2006

Tanaman Hias Poinsettia atau Kastuba

Poinsettia Si Cantik Penyemarak Natal

Penulis: Budi Sutomo

Natal sebentar lagi datang, Anda tentunya telah mempersiapkan aneka keperluan Natal. Termasuk mempercantik rumah dengan tanaman khas natal. Selain pohon cemara, poinsettia (Euphorbia Pulcherrima) cocok untuk tanaman hias. Sosoknya cantik dengan daun warna terang. Bisa dipajang dalam pot atau ditanam di halaman rumah.

Menurut literatur poinsettia berasal dari Mexico. Sejauh ini tak diketahui kapan tanaman ini masuk ke Indonesia, yang pasti poinsettia banyak di jumpai di seluruh wilayah Indonesia.
Uniknya, setiap daerah memiliki sebutan sendiri-sendiri. Ada yang menyebutnya kastuba dan bunga racunan. Beberapa daerah di Pulau Jawa mengenalnya sebagai bunga denok. Di Sumatera poinsettia disebut pohon merah. Di Jawa Barat kerap disebut puring bengala dan di Bali namanya kedapa.

Karakteristik Tanaman
Tanaman tropis ini termasuk pohon perdu berkayu yang bisa tumbuh mencapai tinggi 3 meter. Seluruh bagian tumbuhan mengandung getah susu jika dipatahkan. Sifat batangnya bercabang, daunnya tunggal, bertangkai dan menyebar, bentuknya oval/elips dengan bagian bawah berbulu halus. Kita sering menyangka kelopak berwarna merah, putih atau kuning di ujung daun merupakan bunga, padahal bagian ini merupakan daun muda yang mempunyai warna berbeda dengan kuncup daun umumnya. Daun muda ini berangsur kehijauan seiring dengan umur daun yang semakin menua. Sedangkan bunga sebenarnya berupa bunga majemuk dengan warna kuning dan letaknya bergerombol di ujung batang.
Awalnya, poinsettia hanya berbunga merah dengan ukuran daun kecil. Kini banyak disilangkan sehingga menghasilkan Poinsettia hibrida dengan bunga (daun muda) aneka warna, seperti pink, hijau muda, kuning dll. Poinsettia hibrida juga mempunyai daun yang lebih lebar, padat susunannya dan lebih cepat berbunga. Kini banyak petani bunga yang membudidayakan poinseta secara besar-besaran, terutama menjelang perayaan Natal. Mereka melakukan pembungkusan kuncup bunga agar bunga lebih terang dan mekar serentak.

Syarat Tumbuh
Poinsettia termasuk bunga yang sangat mudah dikembangbiakkan. Bisa dengan cara stek batang atau mencangkok. Untuk stek batang, pilih batang yang tidak terlalu tua, potong dan olesi obat perangsang akar. Tanam di media yang telah disiapkan.
Tanaman ini bisa tumbuh di dataran rendah maupun tinggi, namun dataran dengan ketinggian 600 m di atas permukaan laut merupakan area paling cocok untuk menanam Poinsettia. Agar tumbuh subur, gunakan media yang cocok berupa tanah kebun dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Pilih area terbuka dan terkena sinar matahari langsung karena Poinsettia sangat suka mandi cahaya matahari.

Jika Anda ingin menanam dalam pot sebagai tanaman indoor, pilih pot yang terbuat dari semen cor atau keramik agar media tidak lembab dan berdrainase baik. Media tanamnya sama dengan menanam di area terbuka, hanya perlu di beri campuran pasir halus agar gembur. Beri kerikil atau pecahan batu bata pada dasar pot agar sisa air siraman dapat mengalir keluar.
Untuk tanaman muda beri pupuk dengan unsure nitrogen tinggi. Setelah tanaman mulai mengeluarkan bunga, beri pupuk dengan kandungan unsur fosfor tinggi. Agar poinsettia tampil prima dalam pot, lakukan perawatan berkala seperti pemupukan, penyiraman, penggantian media dan tentunya cukup sinar matahari. Supaya warna daun tidak pucat dan bunga menyala terang, letakkan poinsettia di luar ruangan setiap 3 hari sekali agar terkena sinar matahari.

Bermanfaat Untuk Kesehatan

Walaupun mempunyai sifat kimiawi yang agak beracun, seluruh bagian tanaman bermanfaat untuk kesehatan. Daun poinsettia dipercaya dapat mengatasi keluhan infeksi, luka memar, bengkak dan patah tulang. Caranya, haluskan beberapa lembar daun dan balurkan pada bagian yang sakit.
Sedangkan bunganya dipercaya dapat melancarkan air susu dan haid yang kurang teratur. Rebus 5-10 kuntum bunga dalam 200 gr air, rebus hingga air tinggal separuh. Saring dan minum pagi dan sore.

Rahasia Resep Ayam Goreng Gurih

Kelezatan dari ayam goreng ini adalah dagingnya yang gurih dan empuk. Rahasianya terletak pada air perendam dan teknik menggorang. Mengungkep ayam dengan air kelapa dan rempah-rempah menjadikan ayam goreng ini bercita rasa istimewa. Jangan lupa goreng dengan teknik deep frying atau menggoreng dengan minyak banyak, agar ayam matang merata, renyah dan berwarna kuning kecokelatan.
Resep & Dapur Uji: Budi Sutomo

AYAM GORENG GURIH

Bahan:

1 ekor ayam, potong menjadi sepuluh bagian
500 ml air kelapa
3 cm lengkuas, haluskan
2 cm jahe, haluskan
1 sdm ketumbar, haluskan
2 cm kunyit, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam halus
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

1. Larutkan semua bumbu dalam air kelapa, aduk rata. Masukkan daging ayam, diamkan dalam kulkas selama 2 jam agar bumbu meresap.
2. Didihkan ayam beserta air kelapa berbumbu dalam api kecil. Setelah daging empuk, angkat, tiriskan.
2. Panaskan minyak banyak, goreng ayam hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. angkat. Sajikan hangat dengan sambal terasi atau sambal tomat dan lalapan.
Untuk 5 Porsi

Tip: Jika Anda menghendaki ayam empuk hingga ketulang-tulangnya. Rebus ayam dengan air kelapa berbumbu dalam panci presto selama 20 menit.

Mengenal Manfaat Daun Kari Lebih Dekat

DAUN KARI

Masakan Asia termasuk Indonesia tergolong makanan yang sarat bumbu. Salah satu bumbu yang sering digunakan adalah daun kari (Murraya koenigii L.) atau sering disebut sebagai salam koja. Kuliner Eropa mengenalnya sebagai curry leaf.

Bumbu ini memberi aroma harum pada masakan berkuah santan seperti gulai, kari, tumisan daging atau sayur bekuah kaldu. Selain cita rasa meningkat seperti menjadi lebih gurih. Daun ini juga bermanfaat menghilangkan aroma amis pada hidangan laut atau bau prengus pada daging kambing. Dipasaran dijual dalam bentuk segar dan bubuk. Gunakan 3 - 5 lembar setiap satu liter cairan. Budi Sutomo