Menu Diet Penyakit Maag dan Ganguan Pencernaan



Selain pengobatan medis, penderita maag dan ganguan pencernaan memerlukan menu diet khusus untuk mempercepat penyembuhan. Syaratnya, makanan harus bertekstur lembut/lunak, tidak merangsang produksi asam lambung, porsinya kecil namun sering diberikan (setiap 3 jam). Makanan juga harus memenuhi kecukupan gizi tubuh, baik protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan air.

Bahan pangan yang mengandung gas seperti, kol, kembang kol, nangka, durian, minuman bersoda, kopi dan alkohol harus dihindari. Jangan menggunakan bahan pangan berbumbu tajam yang dapat merangsang produksi asam lambung. Misalnya cabai, cuka, asam jawa, belimbing wuluh, asam kandis, asam gelugur, jeruk nipis dan lada.

Bahan pangan yang susah dicerna seperti beras ketan, singkong, jali, ubi, butter cream, kue tart sebaiknya dihindari. Begitu juga dengan bahan pangan berserat tajam seperti kedondong dan nenas.

Teknik pengolahan sebaiknya menggunakan metode rebus dan kukus. Cara memasak ini akan menghasilkan makanan bertekstur lembut/lunak. Hindari memasak dengan cara digoreng atau dipanggang, selain makanan menjadi kering, liat dan keras. Memasak dengan cara ini banyak menggunakan minyak yang dapat merangsang rasa mual.

BUBUR WORTEL MAIZENA

Bahan:
2 sdm tepung maizena
60 g nasi putih
600 ml kaldu ayam/daging
40 ml wortel, parut
50 g daging ayam cincang tanpa lemak
1/4 sdt garam halus

Cara Membuat:
1.
Larutkan tepung maizena dengan kaldu, aduk rata.
2. Didihkan sambil diaduk hingga tekstur mengental.
3. Masukkan nasi putih, daging ayam cincang, parutan wortel dan garam. Masak sambil di aduk hingga nasi menjadi lunak dan semua bahan matang.
4. Angkat, masukkan dalam mangkuk/tempat saji. Hidangkan hangat.
Untuk 2 Porsi


Resep/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo

Komentar

  1. aku punya maag nih mas, suka kambuhan kalo telat makan :(( thanks yah tar aku coba resepnya :P

    BalasHapus
  2. mau ralat sedikit mengenai singkong, berdasarkan pengalaman saya, singkong itu justeru bagus sekali untuk penderita maag, asalkan direbus dengan empuk, bahkan ayah saya dan saya sendiri,melakukan terapi makan singkong mentah,2X sehari untuk mengobati sakit maag kami yang sudah akut,Allhamdulillah setelah rutin dijalani 2 bulan, maag tak pernah kambuh lagi,anyway makasih ya resepnya:-)

    BalasHapus
  3. Anonim12:52 PM

    aq pnya skt maag, suka kambuh klo aq lg strees nich

    BalasHapus
  4. Anonim1:25 PM

    www.tehpegagan.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Bisa dicoba nih resep untuk maagnya.

    BalasHapus
  6. Selain memang harus menjaga makanan, maag bisa juga dibantu dengan menghilangkan stress. Saya juga sudah berhasil membantu beberapa orang dengan hypnotherapy. Kalau pengin tahu bisa kunjungi blog saya djokosay.wordpress.com

    BalasHapus
  7. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    http://obatnyapenyakit.com/obat-herbal-penyakit-maag/

    BalasHapus

Posting Komentar

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA RAGAM BUMBU MASAKAN EROPA - BUMBU MASAKAN KONTINENTAL

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf