Friday, December 01, 2006

Menu Diet Penyakit Maag dan Ganguan Pencernaan



Selain pengobatan medis, penderita maag dan ganguan pencernaan memerlukan menu diet khusus untuk mempercepat penyembuhan. Syaratnya, makanan harus bertekstur lembut/lunak, tidak merangsang produksi asam lambung, porsinya kecil namun sering diberikan (setiap 3 jam). Makanan juga harus memenuhi kecukupan gizi tubuh, baik protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan air.

Bahan pangan yang mengandung gas seperti, kol, kembang kol, nangka, durian, minuman bersoda, kopi dan alkohol harus dihindari. Jangan menggunakan bahan pangan berbumbu tajam yang dapat merangsang produksi asam lambung. Misalnya cabai, cuka, asam jawa, belimbing wuluh, asam kandis, asam gelugur, jeruk nipis dan lada.

Bahan pangan yang susah dicerna seperti beras ketan, singkong, jali, ubi, butter cream, kue tart sebaiknya dihindari. Begitu juga dengan bahan pangan berserat tajam seperti kedondong dan nenas.

Teknik pengolahan sebaiknya menggunakan metode rebus dan kukus. Cara memasak ini akan menghasilkan makanan bertekstur lembut/lunak. Hindari memasak dengan cara digoreng atau dipanggang, selain makanan menjadi kering, liat dan keras. Memasak dengan cara ini banyak menggunakan minyak yang dapat merangsang rasa mual.

BUBUR WORTEL MAIZENA

Bahan:
2 sdm tepung maizena
60 g nasi putih
600 ml kaldu ayam/daging
40 ml wortel, parut
50 g daging ayam cincang tanpa lemak
1/4 sdt garam halus

Cara Membuat:
1.
Larutkan tepung maizena dengan kaldu, aduk rata.
2. Didihkan sambil diaduk hingga tekstur mengental.
3. Masukkan nasi putih, daging ayam cincang, parutan wortel dan garam. Masak sambil di aduk hingga nasi menjadi lunak dan semua bahan matang.
4. Angkat, masukkan dalam mangkuk/tempat saji. Hidangkan hangat.
Untuk 2 Porsi


Resep/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo

7 Comments:

At 10:53 PM, Blogger Lia said...

aku punya maag nih mas, suka kambuhan kalo telat makan :(( thanks yah tar aku coba resepnya :P

 
At 7:59 PM, Blogger chunky_bar_new said...

mau ralat sedikit mengenai singkong, berdasarkan pengalaman saya, singkong itu justeru bagus sekali untuk penderita maag, asalkan direbus dengan empuk, bahkan ayah saya dan saya sendiri,melakukan terapi makan singkong mentah,2X sehari untuk mengobati sakit maag kami yang sudah akut,Allhamdulillah setelah rutin dijalani 2 bulan, maag tak pernah kambuh lagi,anyway makasih ya resepnya:-)

 
At 9:52 PM, Anonymous Anonymous said...

aq pnya skt maag, suka kambuh klo aq lg strees nich

 
At 10:25 PM, Anonymous lanny said...

www.tehpegagan.blogspot.com

 
At 10:30 PM, Anonymous Anonymous said...

Bisa dicoba nih resep untuk maagnya.

 
At 5:17 AM, Anonymous Djoko said...

Selain memang harus menjaga makanan, maag bisa juga dibantu dengan menghilangkan stress. Saya juga sudah berhasil membantu beberapa orang dengan hypnotherapy. Kalau pengin tahu bisa kunjungi blog saya djokosay.wordpress.com

 
At 9:02 PM, Anonymous Obat Herbal Penyakit Maag said...

thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

http://obatnyapenyakit.com/obat-herbal-penyakit-maag/

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home