Friday, November 10, 2006

MANFAAT DAUN KOLESOM JAWA (Daun Ginseng)

LEBIH DEKAT DENGAN DAUN GINSENG

Kolesom Jawa (Talinum crassifolium) atau yang lebih populer dengan sebutan daun ginseng sebenarnya sudah lama kita kenal. Bahkan Anda mungkin sudah sering mengkonsumsinya dalam menu sehari-hari kita.

Tanaman herba menahun bukan genus Panax seperti ginseng yang digunakan untuk obat-obatan. Daun ginseng ini adalah tanaman perdu yang tumbunya semi menjalar dan bisa mencapai tinggi 60 cm. Daunya oval berwarna hijau mengkilat. Berbunga majemuk dengan kelopak berwarna pink. Tanaman sangat mudah dikembang biakan, baik dengan biji maupun setek batang. Asal medianya gembur, cukup humus dan tidak tergenang air, tanaman ini bisa tumbuh subur. Kolesom jawa juga cantik di tanam dalam pot sebagai tanaman hias karena bentuk daun dan bunganya menarik.

Semua bagian tanaman ini bisa di makan, mulai dari akar hingga daunnya. Biasanya akarnya tanaman ini bisa mengembung jika dibiaknan melalui biji. Banyak yang menfaatkan umbi tanaman ini untuk dikeringkan sebagai ramuan obat. Daunnya biasa dijual sebagai sayuran. Daun kolesom/ginseng sangat cocok ditumis, dibuat cah (dimasak dengan sedikit air) atau sebagai campuran sayur bening/sup. Rasanya lezat dengan tekstur lembut dan sedikit berlendir. Mengolah sayuran ini harus menggunakan api besar dan cepat karena waranya akan berubah menjadi kehitaman jika terlalu lama di masak.

Belum ada penelitian tentang manfaat kolesom, namun secara turun temurun akar dan daunya dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh. Sejauh ini baru diketahui bahwa di dalam akar kolesom mengandung zat aktif seperti saponin, flavonoid dan tanin. Yang pasti bagian daun mengandung vitamin A yang cukup tinggi, serat dan beragam mineral penting lainnya.
Budi Sutomo

7 Comments:

At 2:15 PM, Anonymous Anonymous said...

Hello General Contractors

One of the most popular home improvements where home improvement contractors come in handy are the re styling of your home. If you really wish to give your home a total professional new style then there are lots of interior designers out there who are very willing to help you re furnish and style you house to get the look that you are looking for. However, the problem is that they tend to be quite expensive even though they are really only consultants. As with any other home improvement project, you're the one that will have to pay for all materials and the hours that the contractors spend telling you how to choose fabrics and so on.

No matter what type of home improvement project you plan on doing - a large or small job, the home improvement contractors you choose will have a great impact on the results you get for your home improvements. Always make sure that you see their certificates and the materials that they use. Do this both before the job is started and while the project is in progress as well. If you don't like something they are doing you have the decision to stop their work.

http://construction.rgcont.com/

 
At 4:14 AM, Anonymous fitri said...

jadi inget makan indomie rebus pake daun gingseng,
enak banget...

 
At 8:29 AM, Anonymous Anonymous said...

15 tahun yg lalu di Bandung ayah saya bawa gingseng ini kerumah... sama seperti fitri, diceburin tuh gingseng ke mie... kata saya yg suka sayur,,,enak tenen...

eh gak taunya di jakarta, temen saya bu mai, tanam juga dipot.. dengan semangat mengenang masa lalu, sy minta deh stek batangnya (ada daun sedikit) berhubung anak kos, akhirnya masuk juga tuh bibit ke pot...

ajab gak sampe 24jam tuh daun menghilang dimakan tikus

 
At 1:21 AM, Blogger mayaintan said...

masakan daun gingseng itu bikin gak ngantuk jd kebalikannya daun kangkung. jadi daun gingseng itu kopi herbal, hehehe...makanya i like it !

 
At 1:04 AM, Anonymous Anonymous said...

ginseng tu bisa dibuat p j kok yang penting masaknya gak terlalu lama biar g pait

 
At 11:22 PM, Anonymous Jendela Herba said...

Dijadikan gado - gado kelihatannya enak juga

 
At 7:09 PM, Anonymous herman said...

Kalau sbg lalapan gitu aja hahaya nggak bagi tubuh, soalnya sedikit berlendir

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home