Tuesday, November 28, 2006

BROKOLI, Sayuran Lezat Beribu Manfaat

Brokoli/Broccoli

Brokoli (Brassica oleracea var.italica) adalah Bunga dari sayuran tanaman sejenis kubis-kubisan. Sayuran ini merupakan kumpulan dari kuntum bunga yang membentuk gerombolan berupa kuntum.


Selain bisa dimakan mentah, sayuran ini bisa diolah menjadi beragam hidangan lezat. Seperti sayuran lain, brokoli kaya akan provitamin A/karotenoid, asam folat dan vitamin C. Masak sebentar agar vitaminnya tidak rusak dan warnanya tetap menarik. Agar brokoli tetapi hijau segar, rebus dengan air mendidih yang sudah ditambahkan dengan 1/2 sdt garam dapur.

Selain vitamin, brokoli juga mengandung beragam mineral penting seperti kalsium, potasium, kalium, besi dan selenium. Zat lain yang terkandung di dalam brokoli adalah sulfur dalam bentuk glukosinolat, senyawa antidot, monoterpene dan genestein. Flvonoid dan serat terkandung juga memperkaya kandungan nutrisi dari brokoli.

Brokoli memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah terjadinya kanker kolon, kanker prostat, kanker paru dan kanker perut. Zat terkandung di dalam brokoli juga bermanfaat sebagai antioksidan. Sedangkan seratnya bermanfaat untuk mencegah konstipasi/sembelit dan ganguan pencernaan lainnya. Budi Sutomo


5 Comments:

At 3:08 AM, Blogger tie said...

wah... kalo brokoli tie emang suka banget mo dimasak gimana2 juga... best lah informasinya... makasih mas dah berbagi ilmu nih...

 
At 2:51 PM, Anonymous Dewi said...

Info yg menarik tentang si Brokoli, jadi tambah semangat neh. Hanya kadang bosan aja kalo dah winter sayurannya pasti keluarga kubis2an, brokoli masih mending ini kebanyakan kol disini. Yang namaya sayur2 indonesia susah didapat. Minta resep sayuran jenis kol sdr. budi. Dah bosan sayur tumis standard bawang putih, bawang merah :))

 
At 1:08 AM, Anonymous ima said...

mas,,tau g cara kerja bwt meneliti kandungan brokoli yang berfungsi sebagai zat anti kanker itu? klo g salah namana sulphonase. thx..

 
At 1:36 AM, Anonymous Anonymous said...

eemm.., baru tau aku kandungan si brocoli, sejak dulu aku sudah suka dg sayuran yg bernama brocoli ini, tapi setelah mengetahui manfaatnya tambah lebih suka.., very2 like..
emm.., yumi.., mo diapain aja enk bangeeeet..
thanks ya mas budi atas infonya..
jadi makin suka nich sama yg namanya brocoli..
"I like brocoli"

 
At 8:07 AM, Blogger ros 72gar said...

thanks atas infonya ya mas....infonya sangat bermanfaat banget buat tubuh.....jd makin suka nih sama yang namanya brokoli.....

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home