Tuesday, October 03, 2006

ALTERNATIF HIDANGAN HARI RAYA IDUL FITRI 1427 H

Bagi penggemar hidangan berbumbu, chicken curry alias kari ayam pasti salah satu hidangan favorit. Aroma rempah Timur Tengah seperti jintan, adas, ketumbar dan kapulaga menjadikan hidangan bercita rasa khas dan istimewa. Selain lezat dimakan dengan nasi, lauk asal India ini juga cocok disantap dengan roti chapati, pharata atau roti jala. Anda ingin mencoba kari sebagai pengganti opor ayam atau lauk ketupat di perayaan Idul Fitri tahun ini.
SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA & HAPPY IED 1427 H
Resep/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo

CHICKEN CURRY
Bahan:
800 g ayam, potong-potong
1200 ml santan kental dari 1 butir kelapa
3 sdm minyak goreng
Bumbu:
2 cm jahe, memarkan
2 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam koja/daun kari
2 batang serai, memarkan

2 cm lengkuas, memarkan
1 sdt gula pasir
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam halus
Haluskan:
2 buah cabe kering
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar sangrai
4 bh kemiri
4 cm kunyit, bakar
1 sdt merica, sangrai
ΒΌ sdt jintan, sangrai
1/4 sdt adas

3 buah kapulaga, ambil bijinya

Cara Membuat:
1.
Bumbui daging ayam dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan beberapa saat agar bumbu meresap.

2. Panaskan minyak, tumis semua bumbu halus hingga harum. Tambahkan lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam koja/ daun kari dan gula pasir, aduk rata.
3. Masukkan potongan daging ayam, aduk hingga ayam berubah warna.
Tuang santan, masak sambil sesekali diaduk hingga ayam matang dan kuah mengental. Angkat, sajikan panas
Untuk 5 Porsi

Tips:
Jika Anda menghendaki kari berwarna merah, tambahkan bubuk cabe merah. Cabe merah kering bisa diganti cabe segar yang dihaluskan atau cabai bubuk. Memasak sebaiknya sambil sesekali di aduk agar santan tidak pecah. Bagi Anda yang diet, santan bisa diganti susu tawar cair rendah lemak.

4 Comments:

At 9:07 PM, Blogger ferigunawan said...

enak nih....mas tulisannya aku link di sideblogku lho....

 
At 12:38 PM, Blogger ema said...

wah chiken currynya bener2 menggoda..bikin ngeces nih:)

 
At 8:52 PM, Blogger tie said...

thank's yah.. ide bagus nih, entar hari raya mo bikin ah... maklum ga mudik nih...

 
At 12:30 PM, Blogger dian mercury said...

aku tiap jumat jualan kari ayam disini hehehe...cuma cabenya 12 bijik and gak pake gula. soale ada yg punya diabetis

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home