Friday, September 01, 2006

Mengenal Manfaat Daun Kari Lebih Dekat

DAUN KARI

Masakan Asia termasuk Indonesia tergolong makanan yang sarat bumbu. Salah satu bumbu yang sering digunakan adalah daun kari (Murraya koenigii L.) atau sering disebut sebagai salam koja. Kuliner Eropa mengenalnya sebagai curry leaf.

Bumbu ini memberi aroma harum pada masakan berkuah santan seperti gulai, kari, tumisan daging atau sayur bekuah kaldu. Selain cita rasa meningkat seperti menjadi lebih gurih. Daun ini juga bermanfaat menghilangkan aroma amis pada hidangan laut atau bau prengus pada daging kambing. Dipasaran dijual dalam bentuk segar dan bubuk. Gunakan 3 - 5 lembar setiap satu liter cairan. Budi Sutomo

6 Comments:

At 9:55 PM, Anonymous maisara said...

mas budi...saya asli jateng tapimenikah deng orang malaysia. Pertama kali 'jumpa' daun kar di sini Mas...masak pakai daun kari juga di sini, di Jawa nggak pernah liat orang jual...

 
At 2:55 PM, Anonymous Anonymous said...

mas bud, saya juga belum pernah nemu curry leaf di pasar ato pun di supermarket bogor. saya tau curry leaf pas saya punya kawan malasyian di nz. dan ada di setiap supermarket. saya suka sekali akan wanginya kalo masak chicken curry, curry puff...yum...yum!

 
At 7:27 AM, Anonymous Wiwik said...

halo mas Bud, salam kenal dulu yach.
Aku dikasih tanaman curry leaf (curry bl├Ątter) sama mertua, tapi kok bentuk nya ngga sama seperti difoto nya mas Bud yach? Bentuk daunnya kayak rossmarry, cuma warnanya agak keputihan, terus baunya seperti bumbu kari gitu. hmm..apa mertua salah sebut kali yach?

 
At 7:24 PM, Anonymous Anonymous said...

saya punya pohonnya di rumah tapi gag tau fungsinya apa,,kat ibu saya sih buat ngilangin amis. tapi baunya ga tahan,, aneh banget

 
At 4:26 AM, Anonymous Anonymous said...

Ooh.. itu keluarga kami menyebutnya daun Koro Keling, yang sering pakai tentunya para penjual gule kambing.. Kalo rumahan biasa agak jarang yang punya, soalnya mudah kering.. ngggak tiap hari masak gule kan..?

 
At 1:44 AM, Anonymous Anonymous said...

Rata" disetiap rumah org sumatra, aceh khususnya pasti punya tanaman daun kari /oun temeruy(bhs aceh)..

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home