Kulit Pizza Keras, Apa sebabnya?!

Belum lama berselang saya mendapatkan E-mail dari ibu Ni Ayu Wulandari. Ibu Ayu ini menanyakan tentang kulit pizza yang keras. Sebenarnya kulit pizza memang tidak seempuk roti manis atau soft roll karena adonan pizza tidak banyak menggunakan lemak dan gula. Bahkan ada beberapa pizza yang berkulit tipis dan agak keras. Namun bagi Anda yang menyukai kulit pizza empuk. Berikut saya cantumkan resep kulit pizza empuk. 
KULIT PIZA KERAS 

Tanya: Pizza salah satu makanan favorit keluarga kami. Ceritanya, ketika ada waktu senggang saya ingin memberi kejutan untuk anak dan suami dengan membuat pizza sendiri. Hasilnya bukan pujian yang saya dapat tapi komplain dari anak-anak Mama….pizzanya ko keras ya? Saya jadi tersipu dibuatnya. Apa sih rahasianya membuat kulit pizza yang empuk mas? Ni Ayu Wulandari-Bali 


Jawab: Ibu, membuat kulit pizza yang empuk tidak sulit ko. Yang pasti ibu harus tepat dalam memilih dan menimbang bahan. Proses pembuatan juga harus dilakukan dengan benar. Berikut resep kulit pizza yang empuk. 
Komposisi Bahan: 
1 kg tepung terigu hard wheat/tinggi protein (gluten)/cap cakra 
15 gr ragi instant (fermipan) 
30 gr susu bubuk 
30 gr bread improver (pengempuk roti) 
60 gr minyak goreng/margarin/olive oil 
550 ml air 
1 sdm gula pasir 
1 sdty garam halus.

Cara Membuatnya ? 
1. Campur semua bahan kering, aduk rata. Tambahkan air sedikiut demi sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata. tambahkan minyak/margarin/mentega. uleni kembali hingga terbentuk adonan yang kalis dan transparan. Diamkan adonan di tempat yang hangat hingga mengembang dua kali lipat, kurang lebih 50 menit di tempat yang hangat. 
2. Kempeskan adonan dan bagi menjadi bulatan-bulatan seberat 50 gr. 
3. Fermentasikan atau kembangkan lagi adonan lagi selama 15-30 menit menit. Giling menjadi bentuk bulat tipis, tusuk-tusuk pemukaannya dengan garpu. 
4. Isi sesuai selera dan oven pada suhu 300 derajat C selama 10 menit-15 menit. 
Selamat mencoba!

Komentar

  1. Anonim10:15 PM

    yayang, kapan aku ditraktir pitsa?

    BalasHapus
  2. trimakasih infonya.saya juga bikin pizza rotinya keras :)

    BalasHapus
  3. apa harus pake pengenpuk roti. Sy bikin piza rotinya keras

    BalasHapus
  4. Saya sedang ada usaha homemade pembuatan pizza juga, rata2 pemesan pizza saya mengatakn kulit pizza nya keras, dr semua resep yg chef berikan, hanya 1 yg tdk sy tambahkn yaitu bread improvernya. Tapi sy tambahkan 1 btr telur kok chef dlm tepung terigu yg 200 gr. Kira2 adonan kulit pizzanya wajib ya pakai bread improver. Trims....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab kak, kalau mau pakai telur baiknya putih telurnya jangan ikut masuk jdi yg bagian kuningnya saja yang dimasukkan, gitu kak.. Krna putih telur yg membuat adonan roti jadi keras..

      Hapus
    2. Kak jng pakai putih telurnya juga..

      Hapus

Posting Komentar

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA RAGAM BUMBU MASAKAN EROPA - BUMBU MASAKAN KONTINENTAL

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf