Thursday, July 13, 2006

Kue Dari Singkong - Mata Roda

Kue tradisional yang satu ini memang tak lekang dimakan zaman. Citarasanya legit, manis dan harum. Membuatnya juga mudah, apalagi bahan dasarnya hanya ubi kayu/singkong.

Resep/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo

KUE MATA RODA


BAHAN:

500 gr singkung, parut dan peras sedikit airnya
2 sdm tepung kanji
100 gr gula pasir

1/4 sdt vanili bubuk

1 sdt garam halus
6 buah pisang raja/tanduk/kepok
Pewarna merah sesuai selera

TABURAN:

100 gr kelapa parut

1/2 sdt garam halus


CARA MEMBUAT:

1. Campur singkung parut dengan tepung kanji, gula pasir, garam dan vanili, aduk rata. bagi adonan menjadi 2 bagian, beri pewarna makanan pada satu bagian adonan dan biarkan putih pada bagian adonan lainnya.

2. Ambil daun pisang, masukkan adonan putih dan merah, ratakan. Beri pisang yang sudah dikupas dan gulung menjadi seperti lontong. Lakukan hingga adonan habis.

3. Panaskan kukusan, kukus adonan yang sudah dibentuk hingga matang. angkat, dinginkan. Potong-potong, sajikkan dengan kelapa parut.
Untuk 20 Potong

TIP:

* Pilih singkong yang tidak terlalu tua muda agar tidak banyak mengandung serat.
* jika tidak ada daun pisang, aluminium foil bisa digunakan untuk membungkus
* Penambahan tepung kanji akan memberi tekstur lebih kenyal pada kue

* Kelapa parut untuk pelengkap sebaiknya dikupas, dicampur sedikit garam dan dikukus agar tidak cepat bau/basi.


Notes:
Bagi Anda yang ingin mempelajari KUE TRADISIONAL lebih MENDALAM, bisa beli buku ini. Makanan Praktis-Kue Tradisional dan Moderen, karangan saya yang sudah diterbitkan oleh PT.Primamedia Pustaka. Berminat? telpon no berikut 021-5360041- E-Mail: ulj@gramedia-majalah.com

5 Comments:

At 6:59 AM, Anonymous martha said...

Wah kebeneran banget, udah lama pengen bikin mata roda, browsing resepnya nggak nemu-nemu. Eh kok nongol juga...mau dicoba deh.
Btw, dulu waktu di SMKK muridnya Ibu Karti dong ya??
Saya juga orang Purwokerto nih...

 
At 8:16 PM, Anonymous Anonymous said...

Keep up the good work Provo skin care Harley eagle license plate frames acuvue disposables No holdem poker online Personal loan personal loans preferred payday 30 bontril free bookkeeping software+macintosh

 
At 2:30 AM, Anonymous Anonymous said...

You have an outstanding good and well structured site. I enjoyed browsing through it » »

 
At 11:47 AM, Anonymous diana said...

Wah...Kalau Orang di Balikpapan manakan kue ini Pisang Air/Sanggar Banyu... dan untuk mengimbangi rasa pahit yg kdg terdapat di parutan singkon, orang kami menambahkan taburan gula pasir diparutan kelapa nya.

 
At 11:47 AM, Anonymous diana said...

Wah...Kalau Orang di Balikpapan manakan kue ini Pisang Air/Sanggar Banyu... dan untuk mengimbangi rasa pahit yg kdg terdapat di parutan singkon, orang kami menambahkan taburan gula pasir diparutan kelapa nya.

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home