Sunday, July 09, 2006

CARA BENAR MELELEHKAN COKELAT UNTUK HIASAN CAKE/KUE

Mengetim cokelat untuk hiasan cake/tart atau kue memang gampang-gampang susah, jika metodenya salah, bukan cokelat licin yang didapat namun menggumpal bahkan mungkin keras. Simak tips berikut agar Anda sukses mengetim cokelat.



** Pastikan Anda benar dalam memilih cokelat yang akan dilelehkan. Cooking chocolate biasanya berbentuk batangan atau blok. Pilih yang berkualitas baik, ada beberapa merek yang susah membeku.

** Potong-potong/serut cokelat blok sebelum di tim, potongan terlalu besar akan menyebabkan tidak rata melelahnya dan berbintil/berbutir.

** Tim cokelat dengan air panas bukan di atas air mendidih. Banyak orang salah mengerti istilah "Tim Cokelat" dalam resep. Tim cokelat disini artinya melelehkan cokelat di atas air panas. Cokelat akan bergumpal dan keras jika Anda mengetim cokelat di atas air mendidih. Caranya, masak air hingga mendidih, angkat. Letakkan panci kedua yang berisi potongan cokelat di atas air panas, aduk hingga meleleh.

** Pastikan panci dan alat yang Anda gunakan bebas air, air akan menyebabkan cokelat bergumpal.

** Jangan pernah menambahkan mentega/margarin, memang cokelat tim menjadi licin namun susah membeku.

** Cokelat putih mengandung lemak lebih tinggi dibandingkan yang berwarna cokelat. Memerlukan suhu lebih rendah dibanding yang berwarna cokelat.

** Usahakan mengetim cokelat harus selalu di aduk-aduk, agar cokelat tidak menggumpal.

** Segera siramkan/gunakan cokelat tim karena akan mengeras kembali jika digunakan didiamkan dalam suhu ruang.

** Menghias kue dengan siraman cokelat sebaiknya dilakukan dalam ruangan bersuhu dingin agar cokelat cepat membeku. Atau bisa juga dengan cara dimasukan ke lemari pendingin secepatnya setelah kue dihias cokelat. Budi Sutomo

18 Comments:

At 3:42 AM, Blogger Tiwi said...

saya penggemar berat coklat, kalo abis praktek bikin kue coklat inget2 saya, mas.

 
At 8:46 PM, Anonymous Anonymous said...

owalah,.. harusnya tadi saya mbaca ini dulu, hiks... barusan aja saya ngetim cokelat (maksutnya buat disiram di atas banana choco cake yang saya buat), tapi hasilnya menggumpal2, hiks lagi deh...
btw, trims atas tipsnya ya pak, insyaallah saya coba di lain waktu :)

 
At 6:26 AM, Blogger Dapur Singkong said...

Ooh...pantesan dulu pas saya buat ganache (coklat plus mentega putih) hasilnya jadi beleber kemana-mana. Susah beku. Makasih Mas Budi..
(n_n)

 
At 11:14 PM, Anonymous Anonymous said...

Makasih bgt ya mas tipsnya..sanagat membantu..soalnya kemaren aku sempet ngetim coklat dan ternyata hasilnya menggumpal ya ga lain gak bukan karena cara ngetimnya salah...thanks a lot mas dah posting tips yang sangat berguna bgt

 
At 9:13 PM, Anonymous Anonymous said...

Pak Budi punya resep donat yg empuk,mekar dan anti gagal? saya pingin banget bikin usaha donat...please ya Pak bagi resep teryahudnya

 
At 5:44 PM, Blogger mira said...

Pak Budi nanya dunx, punya resep modif untuk hot chocolate?
gimana caranya biar ga monoton coklat + gula doank ya?
tapi selain menggunakan krim2 gitu...
karena saya mengkonsumsinya sehari-hari, takut ndut kalo+krim.. hehe.
makasiy Pak

imel saya di luckyday4us@yahoo.com

 
At 10:38 PM, Anonymous Anonymous said...

yah mas klo uda keburu salah gimana tuh..uda keburu menggumpal gitu mksdnya..hiks
bisa cair lg gak?


thx

 
At 6:00 AM, Anonymous fanggelahartono said...

Terima kasih banyak ya, Pak untuk informasinya ...pantas saja coklat yang saya tim menggumpal..padahal dulu tidak menggumpal...
Salam sukses..

 
At 4:14 PM, Anonymous tiwii said...

assalamualaikum...wah thanks bgt atas ilmunya..ini yg sy cari...bbrp hr yg ll br tim coklat gatot..alias gagal total...thanks bgt...

 
At 1:11 AM, Anonymous lulu said...

nice info ..makasih ya

 
At 8:30 AM, Blogger dmaz00 said...

owh,.. begitu ya mas cara melelehkan cokelat yang benar :-o,.. thanks ya mas atas infonya :-D

 
At 1:54 AM, Anonymous Rosadana said...

trimakasih mas infonya... sangat-sangat membantu... ^.^

 
At 1:54 AM, Anonymous Rosadana said...

trimakasih mas infonya... sangat-sangat membantu... ^.^

 
At 3:41 AM, Blogger nyberry said...

Apakah harus memakai mangkok kaca ?
Sukses selalu ya

 
At 7:02 PM, Blogger ivankov datita said...

ya Ampun baru baca sekarang. coklatnya dah menggumpal bisa dilelehin lagi ga?

 
At 4:11 PM, Anonymous Pendar Bintang said...

Terima kasih, Bunda saya sedang bertanya-tanya kenapa coklat putih yang dilelehkan itu menggumpal.

Sangat informatif, he he he

 
At 3:09 AM, Blogger Yussy Defan said...

Pakai susu cair mbak, cari yg rendah lemak. Saya juga serin bikin

 
At 3:09 AM, Blogger Yussy Defan said...

Pakai susu cair mbak, cari yg rendah lemak. Saya juga serin bikin

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home