Wednesday, May 03, 2006

RAHASIA SUKSES MEMBUAT KUE SUS ATAU CHOUX PASTRY







KIAT JITU KUE SUS
MENGEMBANG SEMPURNA
Penulis: Budi Sutomo

Siapa yang ngga kecewa kalau bikin kue baik itu cake, bolu, roti dan aneka jenis kue yang lain, eh…gagal?!. Pembaca tentu bertanya-tanya apa sih yang salah ?, memang banyak sekali faktor yang menyebabkan kue menjadi gagal, terutama untuk pemilihan bahan harus berkualitas, timbangan harus tepat dan tehnik pempuatanya juga harus sesuai dengan jenis kue yang akan di buat.

Choux Pastry atau cream puff yang sering kita sebut kue sus, adalah salah satu dari jenis kue yang memerlukan perhatian khusus dalam tekhnik pembuatanya. Agar pembaca tidak gagal dalam membuat kue sus cobalah beberapa tips berikut :
Pemilihan Bahan
Bahan dasar dari kue sus adalah tepung terigu, telur, lemak dan air. Untuk kue sus sebaiknya pilih tepung terigu yang kandungan glutennya sedang atau medium wheat, karena kue ini tidak memerlukan proses fermentasi dalam teknik pembuatanya. Telur adalah pembentuk kerangka yang mengembangkan kue selama proses pembakaran, selain itu telur juga memperbaiki warna kerak kue lebih kuning, aroma yang gurih dan kue lebih bergizi karena kandungan protein yang tinggi. Untuk kue sus sebaiknya pilih telur yang baru dengan bentuk seragam dan tidak cacat. Lemak ada dua macam yaitu lemak nabati yang lazim kita sebut dengan margarin dan lemak hewani atau mentega. Kedua jenis lemak ini memiliki aroma yang berlainan. Jika anda menginginkan aroma kue yang ringan pilihlah margarin dan untuk aroma yang lebih berat dengan rasa dan aroma susu yang nyata anda bias menggunakan mentega.
Metode Pembuatan
Kue sus dibuat dengan teknik adonan rebus, yang mana semua bahan direbus bersama-sama kecuali telur. Setelah adonan matang dan kalis angkat dari perapian, proses selanjutnya adalah memasukan telur satu persatu setelah adonan dingin. Tahap memasukan telor merupakan tahap terpenting yang harus diperhatikan, telur dimasukan setelah adonan suam-suam kuku atau hangat. Jika telur dimasukan dalam keadaan adonan panas maka kue sus tidak akan mengembang karena telur telah matang sebelum di oven.
Proses pengovenan juga memegang peranan penting, yang harus diperhatikan saat kue masuk sebaiknya oven dalam suhu tinggi sekitar 190/200oC, ini bertujuan agar kerangka kue mengembang sempurna. Setelah kue mengembang, turunkan suhu oven menjadi 150/160oC derajat celcius, tentunya agar warna kue kuning kecoklatan, seragam dan terbentuk kulit/remah kue yang baik. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan anda membuka oven 15 menit pertama, karena saat ini kue sedang membentuk kerangka dan akan turun kembali jika anda membuka pintu oven.
Pemilihan loyang juga perlu diperhatikan. Untuk kue sus, gunakan loyang kue yang tidak terlalu tebal karena loyang tebal akan lambat dalam menghantarkan panas, kondisi ini akan menghasilkan kulit kue yang terbentuk akan lebih tebal. Hindari juga penggunaan olesan mentega yang terlalu tebal dan jangan sekali-sekali menggunakan tepung taburan, hal ini akan berakibat yang sama. Kue sus sangat mudah lepas, berbeda dengan cake, jadi olesan lemak tipis tanpa taburan tepung sudah cukup.
Variasi Kue Sus
Kue sus sangat fleksibel untuk di padupadankan dengan berbagai macam isi, jika anda sudah bosan dengan isi vla, cobalah dengan variasi isi yang lain seperti, diisi pudding, ice cream , ragout udang, selada buah atau dibuat sus kering dengan cara di oven dengan api kecil maupun digoreng.
Dengan memperhatikan pemilihan bahan dan teknik pembuatan yang baik dan benar kami percaya kegagalan dalam membuat kue sus akan menjadi masa lalu anda. Have a nice cooking! * (
Budi Sutomo)

12 Comments:

At 5:41 PM, Anonymous Anonymous said...

You have an outstanding good and well structured site. I enjoyed browsing through it » » »

 
At 2:06 AM, Anonymous Anonymous said...

What a great site order whirlpool refrigerator parts

 
At 12:09 AM, Anonymous Anonymous said...

best regards, nice info »

 
At 7:47 AM, Anonymous Leon said...

Very Good and informative site. I should agree that this be the first rank of blog page in Indonesia. Congratulations!!!!

Is it possible to have the recipe for the choux pasrty, Budi?

Thanks a lot!!!

 
At 2:16 AM, Anonymous Anonymous said...

bagus juga tipnya.. mas budi...
thanks a lot.. boleh tau kalo pake rum untuk fla yang enak apa ya?

 
At 5:39 AM, Blogger Maya said...

Apakah kue sus memerlukan baking powder sebagai bahan pengembang?
Selama ini saya belum pernah sukses membuat kue sus. Di dalam oven, kue tampakmengembang dan bagus. Ketika dikeluarkan langsung ambleg dan kuenya seperti tidak matang, padahal saya sudah membakarnya sesuai petunjuk.Mohon penjelasannya. Terima kasih.

 
At 10:19 PM, Blogger novi said...

saya mau tanya kue sus bertahan berapa lama 1 atau berapa hari dan mengapa? terima kasih

 
At 7:14 AM, Blogger Gandy said...

pak, gimana caranya agar fla yang kita masukan (saya nyoba pake fla apel) bisa tahan lebih dari sehari tanpa menggunakan pengawet dan tidak dimasukkan kulkas?

terimakasih,

saya tunggu balasan mas/mbak di gandy.pradisa@gmail.com

 
At 1:00 AM, Blogger novi said...

saya mau tanya resep masakan ibu menyusui dong? thank's

 
At 7:47 PM, Anonymous buy fresh blue cheese said...

Rahasia yang benar benar bagus, saya suka blog anda, dan terima kasih resep-resepnya.

 
At 7:05 PM, Anonymous risang: hybrid car owner said...

istri saya sering tuh bikin susnya nggak mengembang. tapi yang mengembang juga banyak. pas enggak mengembang dia sendiri tidak tahu apa sebabnya, karena katanya resepnya sama.
kira2 sebabnya apa ya ?

 
At 6:57 PM, Blogger Eddy said...

Pakai mixer taiwan kami akan lebih memberikan hasil maksimal dalam pengocokkan telur dan pengadukkan tepung.
Kunjungi website saya :

http://www.breadtool.blogspot.com/

Terima kasih dan sukses selalu!!!

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home