Thursday, May 04, 2006

Rahasia Membuat Jus Segar dan Tidak Enek, Temukan Tipsnya disini



JUICE MINUMAN MANIS, DINGIN, SEGAR DAN KAYA VITAMIN
Penulis: Budi Sutomo


Juice, hampir semua orang menyukai minuman berbahan pokok aneka buah-buanan ini, selain mudah dan cepat membuatnya, variasinya-pun sangat banyak dan beragam. Namun demikian ada beberapa tips yang harus diperhatikan, tentunya agar minuman kesukaan Anda semakin menggoda untuk di coba.


• Kualitas Bahan. Juice adalah minuman segar yang tidak melalui proses dimasak, sehingga kesegaran dan kebersihan bahan harus benar-benar diperhatikan. Pilih buah yang matang dan segar agar mendapatkan rasa yang prima. Biasanya buah yang terlalu muda akan menghasilkan warna yang pucat dengan rasa asam tajam. Sedangkan buah yang kelewat matang teksturnya akan terlalu lunak dengan aroma menyengat.

• Variasi Bahan. Juice akan lebih menarik dan berkesan semarak penampilanya jika kita mengkombinaskan dengan buah-buahan yang berbeda warna. Misalnya semangka dipadu dengan jeruk dan melon. Gradasi warna merah, kuning dan hijau membuat penampilan juice semakin menarik. Jangan takut untuk mengkombinasikan buah-buahan dengan rasa dan aroma yang kontras. Seperti durian dipadu dengan sirsak atau jeruk, rasa manis dan legit dari buah durian semakin terasa lezat dengan sentuhan rasa asam segar dari buah jeruk atau sirsak.

• Tambahkan Air Jeruk Lemon. Tambahkan beberapa sendok makan air jeruk lemon pada saat memblender semua jenis juice. Selain memberikan sensasi rasa asam segar, air jeruk juga membantu menghilangkan aroma dan rasa kurang enak pada buah-buah tertentu, seperti alpokat, pepaya dan jambu biji.

• Teknik Pembuataan. Sebagian orang menyukai juice yang dibuat dengan cara meblender buah dengan es batu secara bersamaan. Padahal teknik memblender buah tanpa es batu kemudian didinginkan dalam kulkas akan menghasilkan juice dengan rasa dan aroma yang lebih enak.


• Sajika Segera Selagi Dingin. Secara alami buah-buahan akan mengalami reaksi browning enzimatik jika sudah dikupas dan bersentuhan dengan udara langsung, proses ini akan merubah warna buah menjadi tidak menarik, pucat dan kecoklatan. Seperti appel dan pisang misalnya, jika dibiarkan terlalu lama warna akan berubah dan tidak menarik lagi. Jangan lupa sajikan dalam kondisi dingin, selain terasa lebih segar suhu rendah membantu vitamin C yang terkandung di dalam juice tetap berkualitas baik.

• Tambahkan Garnis. Agar juice buatan Anda lebih menarik, tambahkan sentuhan garnis seperti potongan buah-buahan, daun mint atau ceri di atasnya. Lebih cantik bukan?. Budi Sutomo

3 Comments:

At 5:40 AM, Blogger Iluh_Merry said...

keliatanya tipsnya menarik, akan saya coba...makasi

 
At 2:41 PM, Anonymous Anonymous said...

terima kasih,.
saran singkat yg bermanfaat,...:)

 
At 11:24 PM, Anonymous olvie said...

Makasih infonya

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home