Buku Pasta Italia. Memuat Tentang Mengenal Pasta Italia, Resep Pasta serta Tip mengolah Pasta


BUKU PASTA ITALIA
Pengarang: Budi Sutomo
Foto: Herman Laksono
Penerbit: Primamedia Pustaka - Gramedia Group
Terbit: 2004
Harga: 12.000

Buku ini mengulas tentang sejarah pasta, jenis-jenis pasta, tip mengolah dan resep disertai foto. sangat cocok untuk pengusaha restoran, hotel atau anda yang hobi memasak. Bisa didapat ditoko buku terkemuka.

MAMA MIA…
LEZATNYA PASTA ITALIA
Berbicara tentang pasta, pasti tidak bisa dipisahkan dengan Italia, memang dari sinilah bahan pangan kenyal sejenis mi pertama kali dipopulerkan. Lebih dari 400 macam pasta lahir dari bumi Marco polo ini, dan sekarang tersebar hampir di seluruh penjuru dunia. Jadi tidak hanya pizza, olive oil dan keju mozzarella saja yang terkenal bukan? Mari kita jelajahi aneka pasta Italia lebih dekat.
Sejarah Pasta
Banyak orang salah duga kalau pasta berasal dari Italia. Jika di tilik dari sejarahnya, sebenarnya pasta berasal dari negeri tirai babmbu Cina. Sejarah kuliner Tiongkok telah mengenal mi sebagai cikal bakal pasta. Awalnya pada tahun 1295 Marco Polo membawa oleh-oleh mi setelah berkunjung ke Cina. Buah tangan ini ternyata sangat disuka dan mereka mencoba membuatnya. Akhirnya di negeri menara miring Pisa ini mi berkembang menjadi pasta seperti yang kita kenal saat ini.
Penelitian lain menyatakan pasta berasal dari Sicillia, Italia. Masyarakat setempat telah mengkonsumsi pasta sebelum tahun 1138, sedangkan Marco Polo baru lahir satu abad setelah tahun itu. Tentang versi mana yang benar, sampai saat ini masih belum terjawabkan. Sedangkan di Indonesia, pasta konon di bawa oleh para bangsawan Belanda selama masa penjajahan.

Bahan dan Pembuatan

Pasta adalah produk dari tepung terigu hard wheat varietas durum atau tepung semolina (milled durum), yaitu butiran dari endosperm biji gandum. Tepung ini kemudian dicampur dengan air dan diperkaya dengan telur. Hanya varietas gandum jenis durum yang cocok untuk membuat pasta. Tingginya kandungan protein gluten terkandung menjadikan adonan pasta kenyal dan elastis, adonan ini kemudian dibentuk dan dikeringkan hingga kadar airnya 12 %, tentunya agar tahan disimpan lama.

Ragam Bentuk Pasta

Ada ratusan bentuk pasta, berikut beberapa diantaranya:
• Farfalle. Pasta bentuk dasi kupu-kupu dengan tepi bergerigi. Cocok untuk hidangan salad atau main course dengan saus yang creamy seperti mornay sauce.
• Conchiglioni. Menyerupai kulit kerang. Lebih pas untuk isi soup, salad dan main course.
• Cannelloni. Bentuknya seprti pipa berlubang dengan diameter 3 cm panjang  5 cm. Sejenis cannelloni dengan bentuk lebih pendek dikenal dengan nama rigatoni, sedangkan yang berujung serong disebut penne. Cocok di masak dengan daging dan keju pada hidangan panggang maupun rebus.
• Lasagne. Berbentuk lembaran tipis dengan panjang  27 cm, lebar 5 cm. Dapat dijumpai dalam tiga warna, kuning untuk hidangan panggang, merah biasanya di olah dengan saus tomat dan hijau cocok dipadu dengan bayam atau aneka sayuran.
• Spaghetti. Bentuknya seperti lidi panjang tanpa lubang. Sangat cocok di sajikan dengan saus bolognese (saus tomat dengan daging cincang). Masih sejenis spaghetti dengan ukuran lebih kejil dan pendek dikenal dengan sebutan vermicelli. Cocok diolah bersama seafood, daging maupun untuk isi soup.
• Fusilli. Menyerupai bentuk spiral. Biasanya di olah dengan cream sauce dengan tomat dan kacang polong.
• Macaroni. Pasta bentuk pipa melengkung dengan lubang ditengahnya. Terasa pas untuk hidangan panggang seperti macaroni schootel dan isi aneka soup.

• Canelloni. Seperti pipa agak besar. Biasanya diisi daging pada bagian tengahnya yang berlubang.
• Fettuccine. Bentuknya seperti kuetiau, pipih dan lebar. Dapat dijumpai dalam tiga warna, hijau dari sari bayam, hitam dari tinta cumi-cumi, dan kuning dari telur. Cocok dijadikan sajian main course dengan daging, keju, sayuran atau seafood
Tips Mengolah Pasta:
• Pasta terasa pas kekenyalanya jika direbus sampai al dente, tidak mentah dan tidak terlalu matang sehingga terasa kenyal jika digigit.
• Rebus pasta dengan air yang sudah mendidih dan banyak. Perbandingannya 1.5 liter air untuk 100 gr pasta. Cara ini memungkinkan pasta mengembang sempurna dan tidak saling menempel.
• Pasta basah memerlukan 2-3 menit waktu perebusan, untuk yang kering 8-10 menit. Kurang dari waktu ini biasanya pasta akan terasa mentah, jika lebih pasta akan lunak dan kehilangan kekenyalan.
• Tambahkan sedikit garam pada air perebusan agar cita rasa pasta lebih lezat
• Jangan menambahkan minyak atau mentega supaya pasta tidak saling lekat. Tinggalkan kebiasaan ini karena menjadikan saus pelengkap tidak bisa meresap pada pasta.
• Campur dengan saus pelengkap segera selagi panas. Cara ini lebih baik karena menjadikan saus lebih meresap, pasta tidak saling menempel dan lebih lezat tentunya.
Budi Sutomo

Komentar

  1. Anonim4:17 AM

    What a great site » »

    BalasHapus
  2. Anonim11:07 PM

    Perkenalkan, Pak. Saya Atya seorang mahasiswi tingkat akhir dari Tata Boga UNJ. Saat ini saya sedang membuat penelitian tentang penggunaan pati ganyong dalam pasta farfalle, dan saya memerlukan referensi mengenai pasta. Blog ini sangat berguna bagi saya. Namun saya juga ingin tahu, kira-kira buku karya bapak ini masih tersedia di kalangan umum tidak ya? Kira-kira bagaimana saya bisa mendapatkan buku ini? Terima kasih sebelumnya saya ucapkan. Salam hormat.

    BalasHapus
  3. Anonim11:08 PM

    Perkenalkan, Pak. Saya Atya seorang mahasiswi tingkat akhir dari Tata Boga UNJ. Saat ini saya sedang membuat penelitian tentang penggunaan pati ganyong dalam pasta farfalle, dan saya memerlukan referensi mengenai pasta. Blog ini sangat berguna bagi saya. Namun saya juga ingin tahu, kira-kira buku karya bapak ini masih tersedia di kalangan umum tidak ya? Kira-kira bagaimana saya bisa mendapatkan buku ini? Terima kasih sebelumnya saya ucapkan. Salam hormat.

    BalasHapus

Posting Komentar

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

MENGENAL ANEKA RAGAM BUMBU MASAKAN EROPA - BUMBU MASAKAN KONTINENTAL

Mengenal Aneka Potongan Sayuran dalam Seni Kuliner - ILMU TATA BOGA - KENALI POTONGAN SAYURAN SEBELUM MASAK - PENGETAHUAN DASAR MENJADI CHEF