Thursday, April 27, 2006

Buah Olive atau Zaitun yang kaya Manfaat



OLIVE
Buah Purba Kaya Manfaat
Penulis: Budi Sutomo

Holy fruit, demikian sebagian orang memberinya julukan. Tidak salah karena buah olive (Olea europaea) memang termasuk tanaman purba yang sudah dikenal semenjak 3000 tahun sebelum Masehi. Rasanya yang khas dengan beragam manfaat semakin menambah daya tarik buah ini.

Sekilas Tentang Tanaman Olive
Olive juga dikenal dengan sebutan buah zaitun buah dari tanaman berkayu ini tumbuh di negara-negara Mediterania, seperti Italia, Prancis, Spanyol Maroko dll. Tanaman olive termasuk tanaman tahunan yang dapat tumbuh di lahan gersang sekalipun. Pohon biasanya akan berbunga pada musim semi dan buahnya mulai bisa dipanen pada akhir musim gugur sampai musim dingin.
Buah olive mentah berwarna hijau terang, seiring dengan matangnya buah, warna akan berubah menjadi ungu kehitaman. Olive mentah rasanya sedikit masam, getir dan agak pahit sehingga tidak cocok dihidangkan sebagai buah meja. Buah ini biasanya diolah dengan larutan garam berbumbu menjadi pickle olive seperti yang kita kenal, atau diekstrak sarinya menjadi olive oil atau minyak zaitun.

Pickle Olive
Buah olive biasanya dikonsumsi dalam bentuk asinan atau pickle. Proses membuatnya dengan merendam buah olive segar di dalam larutan garam berbumbu selama beberapa minggu. Selama perendaman akan terjadi proses fermentasi merubah citarasa buah olive menjadi lebih baik. Untuk memperkaya rasa dan mempercantik penampilan, adakalanya buah olive dikeluarkan bijinya dan diisi dengan paprika atau wortel.
Di Eropa maupun Middle East tradisi mengkonsumsi olive biasanya untuk campuran salad, dimakan dengan keju dan roti, topping pizza, campuran aneka hidangan atau untuk garnish masakan. Bagi mereka pickle olive sudah menjadi kebutuhan harian yang selalu ada disetiap waktu makan.

Olive Oil
Selain pickle, buah olive juga di ekstrak sarinya menjadi olive oil. Di pasaran banyak beredar ragam olive oil, berikut berikut beberapa diantaranya:
· Extra Virgin Olive Oil. Merupakan minyak olive paling murni dengan kadar asam 0,5-1%. Warnanya kehijauan, cocok untuk campuran saus salad.
· Virgin Olive Oil. Kandungan asamnya sekitar 4% dengan warna hijau kekuningan. Biasanya digunakan sebagai campuran masakan atau hidangan tumisan.
· Light Olive Oil. Adalah minyak olive dengan kadar asam lebih dari 4%. Berwarna kekuningan dan biasanya digunakan sebagai pengganti minyak goreng, terutama pada masakan Italia seperti pasta, pizza dan aneka masakan lainya.

Nutrisi Terkandung dan Manfaatnya
Hippocrates, bapak kedokteran moderen telah lama merekomendasikan untuk mengkonsumsi juice olive segar sebagai obat sakit mental dan gangguan pencernaan. Lain lagi dengan temuan Dr Dimitrrios Trichopoulos, kepala Departemen Epideminology Universitas Harvard. Hasil risetnya menunjukan, wanita yang banyak mengkonsumsi olive oil menurun 50% dari resiko terkena kanker payudara.


Olive oil juga mengandung antioksidan, zat yang da
pat memerangi LDL Cholesterol penyumbat arteri penyebab penyakit jantung. Tidaklah salah kalau orang-orang Mediterania yang banyak mengkonsumsi olive oil jarang berpenyakit jantung. Selain itu olive oil juga mengandung vitamin E dan monounsaturated yang dapat meremajakan kulit, menjaga kelembaban dan menjaga kelenturan. Pantas saja jika Celeopatra, ratu cantik dari Mesir telah menggunakanya sejak dulu, sekarang bagaimana dengan Anda?. Budi Sutomo

7 Comments:

At 2:29 AM, Anonymous Anonymous said...

Mas Budi, kenalan ya !
tapi telat banyak euy...soalnya sy baru buka sitenya mas budi gara2 ketrtarikan sy soal buah zaitun, so sy coba searching cari tau soal buah antik itu and ketemu deh info yg lebih yahud soal buah zaitun berkat sitenya mas budi ;)
many thanks for the info, mas!
tapi lebih bagus lagi nih klo mas budi bisa sharing resep2 yg pake buah zaitun. please?? abis sy bingung, punya buah zaitun matang oleh2 dari temen dna gak tau mau diapain...
Thanks skali lagi.
Di tunggu jwban dan resep2nya asap! ;-)

Salam kenal/Yuni dpk

 
At 11:26 PM, Anonymous Anonymous said...

Looking for information and found it at this great site... Yankees baseball uniforms Sex story sample women with big tits and round asses http://www.nude-pamela-anderson.info/Cute-lil-butt.html Gay men on pentagram Flat rate toll free conference calls

 
At 1:34 AM, Anonymous Anonymous said...

Apakah ada yang tahu kalau saya mau mulai mengusahakan perkebunan olive, dimana saya bisa beli tanaman olive yg sudah berumur 1.5 thn - 2 thn?

 
At 12:47 AM, Anonymous Anonymous said...

salam kenal! Mas Budi, kalo manfaat Extra virgin oil untuk bayi diatas 6 bulsn bagaimana? di beberapa resep bubur bayi ada yang pake extra virgin olive oil. Aman gak si?
Thanks ya. MamaMiska

 
At 3:42 AM, Blogger trian said...

salam mas Budi, mau tanya konsumsi minyak zaitun dalam kesehariannya. seberapa banyak sih (dalam sendok makan) baik untuk dikonsumsi harian ?

 
At 2:06 AM, Anonymous M@y said...

Wah sangat bagus yah buah zaitun ampe disebutin juga tuh dalam Al-Qur'an akan khasiatnya. kira2 tanaman zaitun di daerah jawa ada gak yah?? makasih

 
At 7:30 AM, Blogger POHON LANGKA, TANAMAN LANGKA said...

Maaf ikutan :Dijual Pohon ZAITUN Import langsung dr YAMAN Tinggi 1 Meter dan rimbun cocok untuk koleksi anda.
Mari kita lestarikan pohon langka pohon zaitun yang ada di ALQURAN POHON KEBERUNTUNGAN.
Di Jual Pohon Langka Zaitun POHON KEBERUNTUNGAN Tinggi 1 Meter
Hub: 081.2300.9349
Jl. Arif Rahman Hakim no. 49 dpn UPB Surabaya, Jatim, indonesia
Sisa Stok 10 Pohon

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home